0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Modus Pencurian Dengan Koin Tersangkut Di Pintu Mobil, Hoax?

Dok: Timlo.net/ Snopes.com.
Modus pencurian dengan menyelipkan koin di pintu mobil. (Dok: Timlo.net/ Snopes.com.)

Timlo.net—Beberapa hari terakhir ini di Facebook dan aplikasi chat beredar artikel yang memperingatkan para pemilik mobil berhati-hati dengan modus pencurian mobil baru. Misalnya dalam pesan yang dibagi dalam chat ini:

“Buat seluruh pengguna mobil, perhatian! Kalau kamu menemukan ada koin yang dimasukkan ke lubang pintu kayak gini, terutama di sisi penumpang, maka berhati-hatilah! Ini adalah hal yang harus kamu waspadai!

Pencuri mobil selalu mencoba menemukan cara baru untuk bisa membobol milik mangsanya. Setelah sebelumnya pencuri tertangkap karena menggunakan busi kecil motor yang bisa memecahkan kaca mobil dalam waktu kurang dari 5 detik tanpa suara, sekarang inilah modus baru para pencuri!

Caranya pun ternyata cukup pintar.

Pastikan kamu selalu ngecek pintu mobilmu sebelum kamu meninggalkannya, dimanapun mobimu berada. Entah di dalam parkiran mall, di luar jalanan, ataupun di dalam rumah. Periksalah, apakah ada koin yang terpasang di pegangan pintu mobilmu, seperti ini.

Pencuri biasanya meletakkan uang koin di sisi pintu penumpang, bukan pengemudi, supaya kamu nggak bisa melihatnya dengan mudah, apalagi kalau kamu nyetir sendirian. Lalu pencuri akan mengikutimu ke mana pun pergi. Uang koin yang terpasang di pintu ini akan membuat pegangan pintu agak terbuka, tapi pintu tetap tertutup, dan kamu nggak akan bisa melihatnya karena uangnya ada di sisi pintu penumpang.

Ketika kamu turun dari mobil dan ngunci pintunya, mekanisme penguncian mobil pun gagal, karena pegangan pintunya telah di sabotase! Dan, setelah kamu jauh dari mobil, pencuri yang udah nguntit kamu dari tadi pun akan langsung masuk ke mobilmu, dan mencuri apapun barang berharga yang bisa mereka temukan di dalam mobil! Karena sdh ada teman yg kena”

Tidak hanya di Indonesia, artikel dengan isi serupa menyebar di luar negeri. Apakah metode seperti ini memang berhasil? Situs  yang dikhususkan untuk membongkar mitos online, Snopes berusaha membongkar kebenaran artikel yang menyebar di Facebook dan chat itu.

“Kami mengkontak Caliber Collision Repair di Lindenhurst, New York untuk bertanya jika cara seperti yang digambarkan dalam peringatan ini akan secara efektif mematikan mekanisme penguncian dalam mobil apapun. Saat kami menjelaskan rumor yang beredar, pegawai Caliber tertawa dan menjelaskan jika kunci pintu mobil tidak bisa dimatikan dengan cara ini. Dia berkata jika model mobil saat ini tidak memiliki ruang di mana kita bisa menyelipkan koin. Dia juga berkata sekalipun ada model mobil yang memiliki ruang di mana kita bisa menyelipkan koin, mekanisme kunci tidak terganggu dengan koin itu,” tulis Snopes.com setelah menghubungi tempat servis mobil Caliber.

Mereka juga mengkontak departemen layanan di Arnold Chevrolet Buick di Babylon, New York, “Seorang mekanik di sana juga tertawa dan menjelaskan jika metode ini sangat tidak mungkin. Dia menduga untuk beberapa mobil tua cara membuka kunci mobil dengan koin mungkin terjadi, tapi mobil-mobil ini tidak memiliki sistem penguncian jarak jauh seperti pada mobil baru. Sekalipun mungkin terjadi, para pengemudi mobil tua pasti menyadari ada sesuatu yang salah saat berusaha membuka atau menutup pintu mobil dan menguncinya jika pintu mobil diselipi koin,” terang Snopes.

Beberapa pengguna sosial media di luar mengkonfirmasi jika mobil-mobil mereka tidak memiliki ruang di pintu di mana koin bisa diselipkan. Mereka juga menulis jika fob kunci tidak akan bekerja dengan baik jika semua pintu tidak tertutup dengan baik (karena ada koin yang diselipkan misalnya). Beberapa pengguna lain berkata mereka mencoba meniru cara menyelipkan koin untuk membuktikkan kebenarannya. Koin yang mereka selipkan tidak mempengaruhi mekanisme penguncian mobil sama sekali.

 

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge