0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

2016, Anggaran Polresta Solo Jadi Rp 117 Miliar

foto istimewa
Rapat Sosialisasi DIPA Tahun Anggaran 2016 di Aula Mapolresta Solo (foto istimewa)

Solo — Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Polresta Solo tahun 2016 mengalami peningkatan sebesar Rp 17 miliar atau 16,11 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Peningkatan anggaran dipengaruhi bertambahnya tugas pengamanan obyek vital di kawasan RI-1 (kediaman Presiden Jokowi) yang terletak di kawasan Sumber, Banjarsari, Solo.

“Tahun ini mengalami kenaikan sebesar Rp 17 miliar,” kata Kapolresta Solo Kombes Pol Ahmad Luthfi dalam kegiatan Soialisasi DIPA tahun anggaran 2016 yang dilaksanakan di Aula Mapolresta Solo, Senin (11/1) siang.

Dari tahun ketahun, kata Kapolresta, anggaran pengeluaran Polresta Solo mengalami peningkatan. Tahun 2014, Polresta Solo mengeluarkan dana sebesar Rp 90 miliar. Sedangkan tahun 2015 mengeluarkan dana sebesar Rp 100 miliar. Tahun ini dianggarkan menjadi Rp 117 miliar lebih. Penambahan terjadi lantaran Solo mendapat tugas tambahan menjaga obyek vital rumah RI-1 di kawasan Sumber, Banjarsari, Solo.

“Dari tahun ketahun mengalami peningkatan. Terlebih Solo memiliki obyek vital RI-1,” jelasnya.

Meski begitu, lanjut Kapolresta, bukan serta merta penambahan anggaran tersebut tidak dibarengi dengan pelaksanaan tanggung jawab yang terbilang berat. Menurutnya, pengamanan obyek vital melibatkan berbagai sektor termasuk pengamanan VVIP tamu kenegaraan saat mengunjungi Kota Bengawan.

“Jadi juga seimbang, makin besar anggaran makin besar tanggung jawab,” ungkapnya.

Diakui, pengeluaran terbesar dari alokasi anggaran tersebut berada pada belanja pegawai yang mencapai Rp 97 Miliar lebih. Sedangkan untuk belanja barang mencapai Rp 20 Miliar dan belanja modal hanya sebesar Rp 30 Juta.

Pihaknya berharap, supaya dengan peningkatan anggaran tersebut anggota Polri khususnya di Kota Solo juga makin meningkatkan pengabdian mereka kepada negara dan juga masyarakat.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge