0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

BPS Akan Rekrut Petugas Sensus Ekonomi

timlo.net/setyo pujis
Kepala BPS Solo, R Bagus Rahmat Susanto (timlo.net/setyo pujis)

Solo – Badan Pusat Statistik (BPS) Solo akan melakukan perekrutan petugas sensus ekonomi pada awal Mei mendatang. Sensus ekonomi 2016 tersebut penting dilaksanakan guna melakukan pemetaan usaha serta mengukur laju pertumbuhan ekonomi kota Solo.

“Sensus ekonomi ini biasanya kita lakukan setiap 10 tahun sekali. Agar sesuai data yang ada dilapangan, rencananya kita akan rekrut petugas sensus dari Kelurahan setempat sehingga data yang didapat nantinya bisa lebih valid,” ujar Kepala BPS Solo, R Bagus Rahmat Susanto kepada wartawan, kemarin.

Dirinya mengatakan, dalam periode sensus ekonomi 2016 yang akan dilakukan pada bulan Mei mendatang, pihaknya akan merekrut sedikitnya 1.145 orang. Dari jumlah tersebut menurutnya akan ditempatkan untuk mengisi beberapa posisi, seperti petugas pencacah, pemeriksa, entry data dan juga pengolahan data.

“Namun sebelum mereka diterjunkan kelapangan akan kita berikan pelatihan selama empat hari. Dan akan dilakukan pada akhir Maret,” jelasnya

Dengan adanya data sensus ekonomi itu, Bagus menyampaikan jika bisa bermanfaat untuk semua pihak yang berkepentingan. Karena bisa digunakan untuk peta pengembangan usaha, meningkatkan daya saing maupun mengukur laju ekonomi Kota Solo.

“Dengan adanya persiapan yang lebih matang ini harapanya bisa menghasilkan data yang akurat. Karena dari pengalaman periode sebelumnya bisa dibilang kurang berhasil, mengingat data yang dihasilkan banyak yang tidak sesuai dengan kondisi riil di lapangan,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge