0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Bus Ukuran Transjakarta Bakal Gantikan BST Koridor I

timlo.net/daryono
Batik Solo Trans (BST) (timlo.net/daryono)

Solo – Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Solo bakal mengganti 25 bus Batik Solo Trans (BST) koridor I dengan 20 bus baru. Armada baru pengganti berukuran lebih besar seukuran bus Transjakarta di Jakarta

“BST ukuran besar ini untuk mengganti koridor I. Jumlahnya 20 unit. Sudah ada dan tinggal mengambil ke pemerintah pusat,” kata Kepala Dishubkominfo Solo, Yosca Herman Soedrajat kepada wartawan di Car Free Day (CFD) Jl Slamet Riyadi, Minggu (10/1).

Herman menjelaskan, penggantian armada koridor I sudah layak mengingat armada koridor I sudah berumur lima tahun sejak 2010. Meski peremajaan armada BST semestinya menjadi tanggung jawab PT BST selaku operator, kata Herman, tidak ada salahnya Pemkot ikut membantu peremajaan.

Kedepan, sambung Herman, BST ukuran besar hanya diperuntukkan di koridor I. Mengingat jalur koridor I dulunya merupakan rute bus tingkat. Rute Koridor 1 yakni Bandara Adisoemarmo-Terminal Kartasura-Jl. Ahmad Yani-Jl. Slamet Riyadi-Jl. Jenderal Sudirman-Jl. Urip Sumoharjo-Jl. Kol. Sutarto-Jl. Ir Sutami-Terminal Palur. Bus ukuran besar juga tidak memungkinkan digunakan di koridor non koridor I mengingat luasan jalan di Solo yang relatif sempit.

Disinggung nasib 25 armada bus koridor I setelah diganti bus baru, Herman menyatakan 25 bus lama kemungkinan akan dikandangkan. Mengingat bus tersebut sudah tidak layak digunakan untuk public transport.

Herman menambahkan, operasional BST ukuran besar ini dilakukan secepat mungkin. Operasional BST ukuran besar nantinya akan bersamaan dengan penerapan contra flow di Jl Slamet Riyadi.

“BST besar itu nanti calonnya untuk contra flow. Secepatnya kita lakukan sosialisasi. Contra flow itu akan berbarengan dengan sistem satu arah di Jl DR Radjiman dan Jl Yosodipuro,” ungkapnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge