0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ini Tiga Titik Rawan Jambret di Solo

Achmad Khalik
Dua pelaku jambret yang berhasil diamankan jajaran Polsek Laweyan beberapa waktu lalu. (Achmad Khalik)

Solo – Polisi mengindikasi sejumlah kawasan di Kota Solo rawan tindak penjambretan. Titik yang digunakan beraksi para pelaku kejahatan ini biasanya terletak di kawasan Jalan Radjiman, Jalan Kebangkitan Nasional, dan Jalan Samanhudi.

“Memang di tiga kawasan ini kerap terjadi kasus kejahatan khususnya penjambretan,” kata Kanitreskrim Polsek Laweyan, AKP Agus Pamungkas mewakili Kapolsek Laweyan, Kompol Agung Nugroho baru-baru ini.

Kawasan ini menjadi rawan lantaran kondisi jalan cukup panjang dan tak terlalu padat. Sedangkan, sasaran penjambretan paling banyak ialah kaum hawa yang dianggap lemah secara fisik.

“Terutama pagi hari sekitar pukul jam 08.00 WIB dan sore saat jam pulang kerja. Kawanan jambret kerap beraksi di ketiga jalan itu,” kata Kanit.

Pelaku, lanjut Kanit, saat menjalankan aksinya selalu bekerjasama. Biasanya dilakukan dua orang dengan berboncengan sepeda motor.

Mereka rata-rata berusia di atas 21 tahun. Modus yang digunakan, yakni mengincar korban sejak awal dengan cara membuntuti secara berboncengan. Ketika tiba di lokasi yang dianggap sepi, mereka lantas memepet dan menarik paksa tas korban.

“Bahkan, pernah ada satu korban sampai tewas lantaran jatuh di jalan raya saat mencoba mempertahankan tasnya,” ungkap Kanit.

Dari sejumlah kasus yang telah diungkap polisi, rata-rata pelaku penjambretan adalah pemuda pengangguran dan pekerja serabutan. Sebagian mereka tak jarang adalah pelaku lama, residivis, dan bahkan dari kalangan anak di bawah umur.

“Ada warga Solo, ada pula warga dari perbatasan Solo. Namun sebagian warga Solo,” terang Kanit.

Di sisi lain, polisi meminta para pengendara khususnya kaum hawa agar tak membawa tas secara terbuka. Lebih baik tas dimasukkan ke dalam jaket saat berkendaraan sepeda motor.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge