0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Percepat Pelayanan, Setiap Kecamatan Bakal Diberi Alat Cetak e-KTP

Kepala Dispendukcapil Sragen, Wahyu Lwiyanto berada di ruang pelayanan KTP (timlo.net/agung widodo)

Sragen — Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Sragen mulai tahun ini menganggarkan pembelian alat pencetak KTP elektronik (e-KTP), untuk setiap kecamatan. Karena keterbatasan anggaran, pembelian tahun ini sementara hanya untuk 10 kecamatan. Sisanya bakal dianggarkan pada 2017 mendatang.

“Saat ini untuk pencetakan e-KTP memang tidak bisa dilayani di kecamatan. Karena kecamatan belum memiliki alat pencetak sendiri. Jadi warga harus datang langsung ke kantor dinas,” kata Kepala Dispendukcapil Sragen, Wahyu Lwiyanto.

Wahyu mengatakan, tahun ini pihaknya telah mengajukan anggaran untuk 10 alat pencetak e-KTP. Dengan 10 alat itu diharapkan setiap kecamatan bisa melayani pencetakan e-KTP untuk dua kecamatan. Dispendukcapil sendiri saat ini memiliki empat alat pencetak e-KTP, di mana setiap 1 alat mampu mencetak 150 hingga 200 keping.

Wahyu menambahkan, selama ini permohonan KTP terhitung paling banyak dilakukan warga Sragen setiap harinya. Nantinya, kecamatan yang mendapat prioritas untuk mendapatkan alat tersebut adalah yang paling banyak jumlah permohonannya atau yang letaknya paling jauh dengan Kota Sragen.

Dengan adanya alat pencetak e-KTP di kecamatan, maka warga tidak perlu datang ke Dispendukcapil, sehingga bisa menyingkat waktu dan biaya.

“Ini adalah salah satu bentuk pendekatan pelayanan kepada masyarakat,” ujar Wahyu.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge