0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Polresta Solo Jadi Percontohan ‘Quick Respons’

dok.timlo.net/achmad khalik
Kapolresta Solo Kombes Pol Ahmad Luthfi (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo — Polresta Solo dijadikan proyek percontohan “quick respons” mengacu pada standar internasional. Rencananya, proyek pertama kali di Indonesia tersebut akan selesai pada pertengahan tahun mendatang.

“Intinya mengacu pada program kemanusiaan. Dimana, terdapat masyarakat yang membutuhkan dan kami langsung memberikan pertolongan,” kata Kapolresta Solo Kombes Pol Ahmad Luthfi, Kamis (7/1) siang.

Pelaksanaan program “quick respons” tersebut, kata Kapolresta, tak ubahnya seperti panggilan 911 yang ada diluar negeri. Dimana, nomor pokok yang akan digunakan adalah 110. Jika masyarakat membutuhkan bantuan, maka mereka tinggal memencet nomor pokok tersebut. Lalu, tim Polresta Solo akan memberikan layanan tergantung dari bantuan yang diminta oleh masyarakat.

“Jadi, jika ada kebakaran masyarakat tinggal menghubungi nomor tersebut (110) lalu kami akan berkoordinasi dengan petugas kebakaran, rumah sakit, maupun instansi terkait lainnya memberikan bantuan,” jelasnya.

Tak hanya kebakaran semata, bantuan lain juga bisa diminta oleh masyarakat seperti halnya, membantu menemukan binatang pemeliharaan yang mereka sayangi hingga jika terjadi proses persalinan mendadak. Operator yang bertugas akan membantu dari jarak jauh, sebelum bantuan datang untuk menangani permintaan tersebut.

“Ini bersifat kemanusiaan. Namun, sudah dalam satu pintu,” jelas Kapolresta.

Sejauh ini, lanjut Kapolresta, pihaknya telah berkoordinasi dengan National Emergency Number Asociatition dan mereka telah mengirimkan perwakilan Mr Gery Peyne ke Polresta Solo. Setelah koordinasi yang dilakukan tersebut, pihaknya akan melakukan follow up dengan berkoordinasi bersama instansi terkait seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Pemadam Kebakaran Solo, Dinas Kesehatan dan masih banyak yang lain.

Pihaknya berharap, dengan adanya fasilitas tersebut masyarakat dapat terbantu dalam mengatasi permasalahan kemanusiaan yang terjadi di Kota Bengawan.

Kapolresta Solo, Kombes Pol Ahmad Luthfi

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge