0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dishub Godog Jalan Pemuda Klaten Satu Arah 24 Jam

Arus lalu lintas Jl Pemuda Klaten (dok.timlo.net/aditya wijaya)

Klaten — Dinas Perhubungan (Dishub) Klaten berencana menerapkan sistem satu arah atau one way selama 24 jam penuh di sepanjang ruas Jalan Pemuda Klaten. Penerapan serupa juga akan dilakukan di simpang tiga Pandanrejo hingga simpang lima Bramen.

“Satu arah di Pandanrejo hingga Bramen masih dalam kajian. Pasalnya, kendaraan yang melintas di jalan tersebut seolah-olah masih satu arah, padahal sudah dua arah,” kata Kepala Dishub Klaten Bambang Giyanto, Kamis (7/1).

Pihaknya tengah melakukan survei terhadap arus kendaraan di beberapa jalur. Selesai survei, Dishub berencana menggodog ulang Peraturan Bupati (Perbup) No 31/2014 tentang manajemen rekayasa lalu lintas dalam forum lalu lintas.

Selain itu, lanjut Bambang, Dishub bakal menggandeng Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Klaten, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), bagian hukum Dinas Pekerjaan Umum (DPU), sebagai  tim manajemen dan rekayasa lalu lintas Kabupaten Klaten. Tujuannya mengevaluasi pemberlakuan jalan satu arah dengan melihat data kepadatan arus kendaraan.

“Ada juga masukan dari Pemkab hingga masyarakat untuk memberlakukan one way dari Pandanrejo hingga belakang Masjid Agung Al Aqsa. Tapi kita masih dalam tahap kajian, termasuk Jl Pemuda ada kemungkinan pemberlakuan jalan satu arah menjadi 24 jam. Arahnya memang ke sana tapi nanti tergantung pembahasan dalam forum,” paparnya.

Menurut dia, kajian one way tersebut menyusul meningkatnya kepadatan arus kendaraan di jalan jantung Kota Klaten itu hingga 40 persen selama liburan Natal dan Tahun Baru 2016. Kepadatan arus lalu lintas didominasi dari arah Yogyakarta menuju Solo yang melalui jalur lingkar utara.

“Penerapan one way 24 jam penuh di Jalan Pemuda masih menunggu hasil survei. Kami juga akan mempertimbangkan masukan dari para pedagang di beberapa jalur yang akan diberlakukan jalan satu arah. Maka untuk memperkuatnya kita juga akan mengundang beberapa tokoh yang kita pandang bisa memberikan masukan kepada kami,” imbuh Bambang.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge