0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Hasta: TPU Pracimaloyo dan Daksinoloyo Layak Dikelola Pemkot Solo

dok.timlo.net/red
(Ilustrasi) Tempat pemakaman umum (dok.timlo.net/red)

Solo —┬áPemerintah Kota (Pemkot) Solo menilai dua tempat pemakaman umum (TPU), yakni TPU Pracimaloyo di Makamhaji, Kartasura dan TPU Daksinoloyo di Desa Kwarasan, Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo layak dikelola Pemkot. Pernyataan tersebut menanggapi klaim Pemkab Sukoharjo yang berniat mengelola dua TPU itu, mengingat lokasinya berada di wilayah kabupaten setempat.

“Meskipun sudah otonomi daerah, namun dua pemakaman itu seharusnya dikelola oleh Pemerintah Kota Solo,” ungkap Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Solo, Hasta Gunawan, Kamis (7/1).

Dijelaskan, menurut sejarah kedua tempat pemakaman tersebut, yang merupakan peninggalan masa Pemerintahan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Sehingga Pemkot menganggap lebih berhak untuk mengelola tempat itu.

Hasta Gunawan mengatakan, telah menyerahkan penyelesaian sengketa pengelolaan TPU kepada Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Agraria. Menurutnya, pemerintah pusat akan sangat adil dalam menentukan pengelolaan kedua makam tersebut. Namun pihaknya berharap dalam penyelesaian ini, pemerintah pusat juga tidak meninggalkan aspek sejarah.

“Kita serahkan persoalan ini pada Kemendagri, saya yakin Kemendagri akan bersikap adil,” katanya.

Hasta menambahkan, saat ini dua TPU tersebut dikelola Pemkot, akan tetapi semua warga dari luar daerah bisa memanfaatkan. Pihaknya mengaku sebenarnya pengelolaan retribusi itu bukan tujuan utama, akan tetapi mengedepankan pemanfaatan TPU untuk semua warga.

Sengketa pengelolaan pemakaman ini telah berlangsung lama antara Pemkot Solo dengan Pemkab Sukoharjo. Hingga sekarang dua lahan pemakaman tersebut, masih menjadi rebutan antara keduanya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge