0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Guru Besar UNS Setuju Bela Negara Mulai PAUD

Prof Dr Furqon Hidayatullah (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Guru Besar Pendidikan Universitas Sebelas Maret (UNS), Prof Dr Furqon Hidayatullah sangat setuju ide Kementerian Pertahanan (Kemenhan) yang menyatakan program Bela Negara dimulai jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) atau Taman Kanak (TK).

“Terkait Bela Negara dimulai sejak usia TK adalah sangat setuju. Karena merupakan penanaman bela negara sejak dini,” kata Furqon kepada Timlo.net, di ruang Humas UNS, Solo, Kamis (7/1).

Mantan Dekan FKIP UNS yang kini menjadi Kepala Program Pascasarjana UNS ini mengatakan, Bela Negara justru dikenalkan sejak usia TK adalah baik. Materinya apapun silakan, tetapi sebagai pengenalan dan disesuaikan dengan usia TK.

“Hal yang perlu diluruskan adalah Bela Negara jangan dipahami atau dimengerti sebagai wajib militer,” ujarnya.

Bela Negara bagi anak usia TK, menurut Furqon, intinya tidak memberatkan, tidak menekan dan tidak memaksa, tetapi dipahamkan secara sederhana apapun materinya. “Dan di TK itu bukan pendidikan tetapi stimulasi pendidikan,” ujarnya.

Stimulasi pendidikan yang dimaksud, menurut Furqon, anak TK belum wajib belajar tetapi baru taraf mengenalkan dan suka belajar. Taraf merangsang anak agar siap untuk belajar. Masa TK adalah kamatangan ilogenetik, dimana matang karena usia. Seperti berjalan, berlari, bermain dan sebagainya.

Konkrit Bela Negara bagi usia anak-anak TK, menurut Furqon, seperti anak diajak peduli dengan lingkungannya, disitu guru mengungkapkan bahwa Indonesia adalah negara yang luas, terdiri dari laut dan banyak pulau. Contoh lain mengenalkan lambang negara Garuda Pancasila.

“Model pengenalan itu merupakan proses yang secara tidak langsung tertanam dalam benak atau pikiran anak. Itulah salah satu contoh penanaman program Bela Negara pada usia TK. Sederhana tetapi bakal terngiang hingga usia selanjutnya,” jelasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge