0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

KGPH Suryodilogo Resmi Jadi Paku Alam X

dok.merdeka.com
Jumenengan Paku Alam X (dok.merdeka.com)

Timlo.net — Prosesi Jumenengan Paku Alam X dimulai beberapa saat setelah Presiden kelima Indonesia, Megawati Soekarnoputri dan Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani datang. Tepat pada pukul 09.00 WIB, KGPH Suryodilogo memasuki bangsal Sewodono didahului dua pusaka utama berupa tombak, yakni Tombak Kyai Buyut dan Kyai Paku Baru.

Setelah sampai di bangsal Sewodono, Suryodilogo pun duduk di pinggir kursi singgasana yang nanti akan ditempatinya usai Jumenengan. Setelah itu upacara pun dimulai dengan pembacaan ayat suci Alquran oleh Abdi Dalem.

Usai pembacaan Alquran, Suryodilogo pun berdiri dan berjalan ke depan kursi singgasana. Dia berdiri di sana lalu disusul petugas yang akan mengambil keris dari ikat pinggang Suryodilogo.

Usai keris dilepas, petugas pun kembali mengganti keris yang diganti dengan keris Kyai Buntit yang menjadi tanda resmi Suryodilogo menjadi Paku Alam X.

Setelah keris dipasang, Paku Alam X kemudian membacakan Sabda Dalem KGPAA Paku Alam X. Dalam Sabda tersebut Paku Alam X mengatakan akan menjalankan tugasnya sebagai Pengemban Kebudayaan.

“Sebagai orang yang mendapatkan amanat untuk menjalankan tugas sebagai KGPAA Paku Alam X, saya sampaikan dengan jujur bahwa kewajiban yang akan laksanakan adalah tugas yang berat karena saya akan melanjutkan kewajiban leluhur matayam sebagai pengemban kebudayaan,” katanya.

Acara ini juga dihadiri oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X, Raja Keraton Yogyakarta sekaligus Gubernur DIY. Sultan datang dengan didampingi GKR Hemas berserta anak dan istrinya. Sultan mengenakan pakaian Surjan bermotif kembang-kembang berwarna merah muda, dan GKR Hemas menggunakan kebaya berwarna kuning.

Selain itu, tampak juga para menteri seperti Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Menteri Pendidikan Anies Baswedan dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno. Hadir pula Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. [bal]

Sumber: merdeka.com

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge