0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

BKD Solo: 2016 Tak Ada Perekrutan CPNS

dok.timlo.net/gg
Ilustrasi (dok.timlo.net/gg)

Solo — Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Solo memastikan penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) pada tahun 2016 ini hanya berasal dari sekolah kedinasan saja. Sedangkan untuk jalur umum, tidak ada pembukaan CPNS. Hal ini juga berlaku bagi pengangkatan honorer kategori II (K2) menjadi CPNS.

“Tahun ini penerimaan CPNS dari jalur umum tidak dibuka, hanya rekruitmen dari sekolah kedinasan saja. Informasi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN dan RB ) menyebutkan begitu,” ungkap Kabid Pengembangan Pegawai BKD, Lancer S Naibaho, Kamis (7/1).

Lancer mengatakan, tidak dibukanya lowongan CPNS dari jalur umum ini membuat Pemkot Solo kelabakan. Pasalnya, setiap tahun ada sekitar 300 orang PNS yang memasuki masa pensiun. Hal ini akan membuat beban kerja Pemkot menjadi berat.

“Setiap tahun sekitar 300 orang (yang pensiun), bahkan tahun ini ada 600 orang,” katanya.

Selain berpengaruh pada beban kerja, tidak adanya perekrutan CPNS tahun ini membuat anggaran perekrutan yakni sebesar Rp 600 juta harus dikembalikan ke kas daerah. Hal serupa juga terjadi tahun lalu, dimana perekrutan CPNS juga dibatalkan oleh Kemen PAN dan RB.

Lancer menambahkan, selama ini pemkot masih kekurangan tenaga kerja sebanyak 2400 orang. Jumlah itu didominasi tenaga kerja kesehatan dan pendidikan.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge