0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Penurunan BBM dan Listrik Tidak Berdampak pada Sektor Industri

merdeka.com
Ilustrasi BBM (merdeka.com)

Solo – Kebijakan pemerintah yang menurunkan harga bahan bakar minyak (BBM) dan juga listrik diawal tahun ini belum berdampak kepada sektor industri. Pasalnya penurunan tersebut masih dirasa terlalu minim untuk menekan biaya operasional.

“BBM turun ini yang paling banyak menikmati ya masyarakat. Kalau sektor industri masih sangat minim dan kalaupun ada paling cuma digunakan transportasi,” ujar Ketua Apindo Jawa Tengah, Frans Kongi saat dihubungi wartawan, Rabu (6/1).

Sedangkan untuk listrik, menurutnya penurunan 8 persen kali ini masih relatif minim. Mengingat tiga tahun sebelumnya kenaikan beban listrik untuk sektor industri mencapai 100 persen.

“Harapan kita penurunannya bisa mencapai 40 persen, syukur ada subsidi khusus bagi sektor industri. Karena kalau saat ini pengaruhnya sangat sedikit atau tidak sampai satu persen dalam menekan biaya operasional,” jelasnya.

Sementara itu saat disinggung terkait pemberlakukan masyarakat ekonomi asean (MEA) yang sudah mulai berlaku saat ini, Frans menyampaikan jika tidak ada persiapan khusus dari para pengusaha. Hal itu mengingat kepentingan MEA adalah untuk membuka pasar UMKM dan juga memperluas lapangan kerja ke luar negeri.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge