0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pembunuhan dengan Korban Tengkurap Susah Diungkap?

Rekonstruksi kasus pembunuhan (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo — Kasus pembunuhan terkadang memang tidak mudah untuk diungkap. Kerja keras dalam melakukan penelusuran diperlukan untuk memburu pelaku pembunuhan. Tak jarang, jejak yang ditinggalkan pelaku sangat minim sehingga membutuhkan cara khusus untuk menguak sebuah kasus pembunuhan.

Namun di kalangan para penegak hukum muncul mitos, yang mana ketika jenazah korban pembunuhan ditemukan dalam kondisi tengkurap maka pelaku akan susah diburu dan kasus susah diungkap. Sebaliknya, jika kondisi mayat ditemukan telentang maka akan dengan cepat pelaku ditangkap.

Seperti kasus pembunuhan di Hotel Asri Jl Bido II Nomor 4 RT 02/ RW 04 Cinderejo Lor, Gilingan, Banjarsari pada Kamis (1/10) tahun kemarin, dengan korban Eka Octaviana. Saat ditemukan, kondisi korban dalam keadaan telanjang dan dihabisi dengan cara dibekap menggunakan bantal. Disamping itu,  korban juga ditemukan dalam keadaan telungkup saat dibekap menggunakan bantal.

Hingga saat ini, kasus dengan korban seorang perempuan tuna wicara tersebut masih menjadi pekerjaan rumah  pihak aparat kepolisian. Mereka mengaku minim sekali barang bukti, lantaran korban terkenal tertutup dan memiliki sedikit teman. Sehingga, jarang yang mengenal korban.

Di sisi lain, diyakini bahwa susahnya pengungkapan kasus pembunuhan tersebut tak lepas dengan kondisi mayat yang ditemukan dalam posisi tengkurap. Sehingga, susah untuk diungkap. Meski begitu, aparat tetap tidak tinggal diam. Mereka terus melakukan upaya meski berjalan lambat.

“Masih kami telusuri terus untuk mengungkap siapa dalang pelaku pembunuhan,” kata Kasatreskrim Polresta Solo, Kompol Saprodin, beberapa waktu lalu.

Berbagai upaya yang dilakukan, mulai dari pemeriksaan saksi, teman dekat korban hingga kesejumlah teman-teman korban yang berada di kawasan kos. Penyelidikan dengan menerjunkan tim inavis untuk menelusuri sidik jari pelaku juga telah dikerahkan. Upaya yang dilakukan dengan cara tak kasat mata juga telah ditempuh. Namun, juga masih nihil.

Hingga saat ini, masyarakat juga masih diselimuti tanda tanya terkait siapa dalang pelaku pembunuhan terhadap perempuan yang berprofesi sebagai pekerja seks komersil (PSK) itu.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge