0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ranking Q Star UNS Melorot, Ini Penyebabnya

LPPMP) UNS, Prof Muhammad Nizam (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Berdasarkan standar mutu Q Star yang diakui dunia internasional, ranking Universitas Sebelas Maret (UNS) melorot. Sebelumnya bertengger sekitar ranking 9 tertinggi perguruan tinggi se-Indonesia, kini merosot sekitar ranking 16.

Kepala Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LPPMP) UNS, Prof Muhammad Nizam mengakui, merosotnya ranking UNS, bukan lantaran merosotnya mutu UNS, tetapi data yang disampaikan kepada Q Star kurang up to date.

“Karena kurang aktif memasukkan data, maka pihak Q Star mengambilnya hanya dari IT. Karena kurang aktif maka dianggapnya UNS tidak melakukan apa-apa,” jelasnya kepada Timlo.net, di Kampus UNS, Solo, kemarin.

Oleh karena itu, kata Nizam, jajaran UNS kini sedang berusaha keras menyatukan data yang ada di Pusat Komunikasi (Puskom) untuk kemudian disampaikan ke Q Star  secara up to date. “Itu memang kesalahan kita UNS dalam mengupdate data ke Q Star,” ujarnya.

Sebab, lanjut Nizam, prestasi UNS beberapa tahun ini tetap tidak menurun bahkan meningkat. Di antaranya akreditasi A dengan nilai tinggi. Artinya standar UNS masih berada di atas rata-rata. Sehingga dengan melorotnya ragking sempat mengundang pertanyaan. Setelah dikaji, ternyata dalam memasukkan data kurang optimal.

“Itu menjadi pelajaran berharga buat kita UNS,” ujarnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge