0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Banyak Pemda Belum Miliki Peta Potensi Pertanian

dok.timlo.net/tyo eka
Dr Ir Eddy Triharyanto MP (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Pakar Hortikultura Universitas Sebelas Maret (UNS) Dr Ir Eddy Triharyanto MP menyatakan, hingga saat ini masih banyak pemerintah daerah (Pemda) yang belum memiliki peta potensi pertanian. Padahal peta potensi pertanian diperlukan untuk menentukan tanaman apa yang pas di suatu kawasan tertentu.

“Kalaupun ada yang sudah memiliki peta, baru sedikit sekali,” ungkap Eddy kepada Timlo.net, di Gedung LPPM UNS, Solo, Rabu (6/1).

Menurut Eddy yang juga pengajar Fakultas Pertanian UNS, pemetaan pertanian untuk menentukan tanaman yang cocok dan sesuai dengan lokasi yang bakal ditanami baik kesuburan, iklim, jenis tanah dan sebagainya. Artinya, peta tersebut menggambarkan hal yang menyangkut seputar kesuburan, iklim, jenis tanah dan sebagainya.

“Sehingga apabila hendak menanam sesuatu terlebih dahulu membuka peta, untuk menentukan jenis tanaman yang cocok. Tidak asal tanam, yang hasilnya tidak bakal memuaskan,” ujarnya.

Terkait hal itu, Eddy mengharapkan, pemerintah daerah terutama pemerintah kabupaten/kota agar segera melakukan pemetaan potensi pertanian. Paling tidak, untuk mendorong peningkatan budidaya bidang pertanian terutama tanaman hortikultura.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge