0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Koalisi Solo Bersama Resmi Membubarkan Diri

dok.timlo.net/daryono
Deklarasi Koalisi Solo Bersama (KSB) (dok.timlo.net/daryono)

Solo —  Meski belum menggelar pertemuan formal, Koalisi Solo Bersama (KSB) resmi membubarkan diri. Seiring penetapan walikota dan wakil walikota Solo terpilih oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Solo, KSB dengan sendirinya dinyatakan bubar.

“Kami sudah ketemu informal dengan salah satu pimpinan KSB, Sugeng Riyanto. Kemarin disepakati pembubaran KSB. Secara de jure, dengan berakhirnya Pilkada dan ditetapkannya Paslon nomor urut 2, KSB sudah selesai,” kata Sekretaris KSB, Supriyanto kepada wartawan, Rabu (6/1).

Dengan berakhirnya KSB, koalisi yang dibangun selama ini otomatis berhenti baik di parlemen ataupun antarparpol. Kebijakan parpol kedepan akan mengikuti kebijakan masing-masing Dewan Pimpinan Pusat (DPP) partai.

“Koalisi (KSB) memang kecenderungannya insidental. Kalau berhasil ya lanjut. Masyarakat juga sudah paham KSB dibentuk untuk Pilkada,” tutur dia.

Ketua KSB, Sugeng Riyanto membenarkan adanya pertemuan dirinya dengan Supriyanto dan Anung Indro Susanto. Dalam pertemuan itu, disepakati untuk mengakhiri KSB.

“Arus kuat di teman-teman KSB nampaknya memang tidak menghendaki KSB dilanjutkan. Khusus untuk Pilkada. Saya pernah bertemu dengan Pak Anung dan Mas Supri, ada kesepahaman untuk menyudahi KSB. Selanjutnya dikembalikan ke masing-masing Parpol,” beber Sugeng.

Untuk diketahui, KSB terdiri enam Parpol, yakni Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Demokrat, Partai Golkar, Partai Gerindra, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Amanat Nasional (PAN). Dalam Pilkada kemarin, KSB mengusung Paslon nomor urut 1 Anung Indro Susanto – M Fajri.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge