0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

November 2015, Kunjungan Wisman ke Solo Meningkat 119,17 Persen

timlo.net/setyo pujis
Kepala BPS Solo, R Bagus Rahmat Susanto (timlo.net/setyo pujis)

Solo – Kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) yang datang ke Kota Solo selama November 2015 meningkat drastis. Dari pantauan Badan Pusat Statistik (BPS) Solo, jumlah kunjungan terbanyak berasal dari warga negara Malaysia.

“Dari pantauan yang kita lakukan melalui Bandara Internasional Adi Sumarmo, jumlah wisman yang datang mencapai 903 orang atau meningkat 119,17 persen dari bulan sebelumnya yang hanya mencapai 412 orang,” ujar Kepala BPS Solo R Bagus Rahmat Susanto kepada wartawan, Selasa (5/1).

Dikatakannya, jumlah wisman yang berkunjung paling banyak berasal dari warga negara Malaysia yaitu mecapai 562 orang, selanjutnya disusul Perancis 183 orang dan Philipina 21 Orang.

“Kalau melihat data survei yang kita lakukan, wisman dari Singapura sangat turun drastis. Hal ini dipengaruhi karena tutupnya penerbangan Solo-Singapura yang dilakukan oleh pihak maskapai beberapa bulan lalu,” jelasnya.

Sementara itu jika dilihat dari total penumpang yang datang melalui bandara tersebut, selama bulan November mencapai 69.914 orang. Angka tersebut naik sekitar 5,37 persen jika dibandingkan bulan sebelumnya yang hanya mencapai 66.354 orang.

“Jumlah tersebut didominasi dari penumpang domestik,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge