0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

MEA Diberlakukan, IKM Didorong Tingkatkan Kualitas

timlo.net/putra kurniawan
Salah satu industri gitar di Desa Ngrombo, Baki (timlo.net/putra kurniawan)

Sukoharjo — Ribuan industri kecil di Sukoharjo didorong untuk meningkatkan kualitas produknya dalam rangka menghadapi perdagangan bebas negara-negara ASEAN. Pasalnya, kerjasama bilateral antar anggota ASEAN dengan kebijakan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) resmi diberlakukan awal tahun ini.

“Kita minta kepada pelaku industri kecil dan menengah di Sukoharjo lebih tanggap dalam menghadapi persaingan dalam MEA, khususnya untuk meningkatkan kualitas produksinya agar mampu bersaing,” kata Kabid Perindusttrian Dinas Perindustrian dan Perdagangan (disperindag) Sukoharjo, Sri Murtini, Selasa (5/1).

Pihak Disperindag juga menyiapkan tambahan pelatihan dan pendampingan yang lebih intensif kepada para pelaku IKM. Selain itu, juga telah disiapkan studi banding ke sejumlah IKM di luar daerah yang dinilai lebih maju, diantaranya Malang, Garut dan Pekalongan.

Pelaku industri kecil ini juga diminta untuk mengikuti perkembangan teknologi dalam memasarkan produk unggulannya. Diantaranya dengan memanfaatkan sistem online untuk menjual produknya sepeti yang sudah banyak diterapkan di negara-negara lainnya di Asia Tenggara.

“Nantinya persaingan akan lebih ketat dan pasar terbuka lebih lebar, maka harus dimanfaatkan sebaik-baiknya termasuk memanfaatkan sistem informasi teknologi dan jejaring sosial,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge