0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

2017, Pemekaran Desa Ngringo Kelar

Sekda Karanganyar, Drs Samsi (Dok. Timlo.net/Nanang Rahadian)

Karanganyar — Pemkab menargetkan pemekaran Desa Ngringo selesai pada tahun 2017. Sedangkan pada tahun 2016, seluruh persiapan akan dimatangkan termasuk menaksir ulang bondo desa dengan parameter terbaru

“Kita targetkan tahun 2017 pemekaran Ngringo sudah selesai,” kata Sekretaris Daerah Karanganyar, Samsi kepada wartawan, Senin (5/1).

Samsi mengatakan, proses selanjutnya adalah proses legalisasi dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Kementrian Dalam Negeri. Jika itu sudah selesai, lanjut Samsi, baru kemudian beranjak ke proses rekrutmen sumber daya manusia (SDM) pengelola pemerintah desa.

“Masih beberapa tahapan yang harus dilalui,” jelas Sekda.

Sementara itu Kepala Desa Ngringo, Sardiman pasrah proses pemekaran desanya ke Pemkab Karanganyar. Asalkan syarat yang diajukannya terpenuhi, ia tak mempermasalahkan rencana tersebut.

“Pertama, jangan mengurangi hak perangkat desa, yakni bengkok. Kemudian jangan membebani masyarakat dengan biaya administrasi penggantian KTP, KK, SIM , BPKB terkait perubahan dokumen. Lalu jangan diubah menjadi kelurahan, tetap administratif desa,” ujarnya.

Berdasarkan pemetaan delapan kebayakan di Desa Ngringo, nantinya Ngringo I berwilayah di Jurug, Palur, Karangrejo dan Perumnas lama. Ngringo II di Banaran, Benowo, Gunungwijil dan Perum Gunungsari. Sedangkan Ngringo III di Puntukrejo, Perum RC, Randurejo, Wahyutomo, Perum UNS V dan Silamat.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge