0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pembagian Bondo Deso Ngringo, Pemkab Turun Tangan

dok.timlo.net/nanang rahadian
Sekda Karanganyar, Samsi (dok.timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar — Pemekaran wilayah Ngringo, Jaten menjadi tiga desa akan diawali pembagian aset secara adil dan seimbang. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar bakal turun tangan dalam pembagian bondo desa.

“Sing ngedum kabupaten. Kami berjanji akan menerapkan azas keadilan, pemerataan dan keseimbangan,” ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Karanganyar, Samsi kepada wartawan, Senin (5/1).

Samsi mengatakan, Ngringo akan dimekarkan menjadi tiga desa, yakni Ngrino I, Ngringo II dan Ngringo III. Aset berupa tanah, bangunan hingga perangkat desa yang berada di tiap area pemekaran akan menjadi miliknya. Pada prinsipnya, lanjut Samsi, bondo desa yang dimiliki tiga desa itu berkomposisi sama.

“Jika Ngringo I memiliki bondo 10, maka Ngringo II dan Ngringo III juga sama. Kadus-kadus tinggal menyesuaikan. Tentu Pemkab bakal mengeluarkan dana cukup banyak untuk membangunkan gedung dan membelikan bengkok agar semuanya dapat aset yang setara,” katanya.

Berdasarkan pemetaan delapan kebayakan di Desa Ngringo, nantinya Ngringo I berwilayah di Jurug, Palur, Karangrejo dan Perumnas lama. Ngringo II di Banaran, Benowo, Gunungwijil dan Perum Gunungsari. Sedangkan Ngringo III di Puntukrejo, Perum RC, Randurejo, Wahyutomo, Perum UNS V dan Silamat.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge