0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kebut Pelantikan Bupati Terpilih, DPRD Klaten Layangkan Surat ke Mendagri

Ketua DPRD Klaten Agus Riyanto (dok.timlo.net/Aditya Wijaya)

Klaten — DPRD Klaten melayangkan surat ke Gubernur Jawa Tengah untuk memastikan bupati dan wakil bupati (wabup) terpilih, Sri Hartini – Sri Mulyani, segera dilantik Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

”Rencana hari ini kami kirim surat ke gubernur melalui Penjabat (Pj) Bupati agar bupati dan wabup terpilih segera dilantik,” ujar Ketua DPRD Klaten Agus Riyanto, Selasa (5/1).

Langkah tersebut, setelah pihaknya menerima usulan pengesahan dan pengangkatan bupati dan wabup terpilih dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Klaten beberapa hari lalu. Prosesnya, surat dari DPRD melalui Pj Bupati Klaten ke Gubernur Jawa Tengah yang diteruskan ke Mendagri.

Kendati sudah ada Pj Bupati, menurut dia, kekosongan kepala daerah definitif berdampak pada psikologis roda pemerintahan. Pasalnya, kewenangan Pj tidak sama persis dengan kepala daerah definitif, seperti tidak dapat mengambil kebijakan strategis.

“Semoga dapat dilantik akhir bulan ini. Apalagi sudah ada penetapan pemenang pilkada dari KPU dan tidak ada masalah (gugatan) hasil pilkada Klaten,” papar Agus Riyanto.

Terpisah, Ketua KPU Klaten Siti Farida mengamini hal tersebut. Pihaknya sudah mengusulkan pengesahan dan pengangkatan bupati dan wabup terpilih ke DPRD Klaten, Selasa (29/12) pekan lalu. Surat tersebut sifatnya usulan, sedangkan waktu pelaksanaan merupakan kewenangan Kemendagri.

”Sudah kami usulkan. Pelantikan nanti dilaksanakan serentak, untuk kabupaten/kota/provinsi yang enggak ada gugatan pelantikan pada Januari. Namun tahapan pelaksanaan masih menunggu informasi resmi ke KPU Klaten,” jelasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge