0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

PKMS Dihapus, Dewan Usulkan Berobat ke Puskesmas Gratis

dok.timlo.net/daryono
Teguh Prakosa, Ketua DPRD Solo (dok.timlo.net/daryono)

Solo — Ketua DPRD Solo, Teguh Prakosa meminta Pemeritah Kota (Pemkot) Solo menggratiskan biaya berobat di Puskesmas. Terobosan itu diperlukan seiring dihapuskannya PKMS Silver mulai tahun ini.

“Harusnya ada terobosan dengan adanya integrasi PKMS ke JKN (Jaminan Kesehatan Nasional), seperti apa. Pemegang PKMS Silver itu kan ada yang hampir miskin, yang perlu difasilitasi,” kata Teguh kepada wartawan, Selasa (5/1).

Menurut Teguh, terobosan itu misalnya dengan menggratiskan biaya berobat di Puskesmas. Jika pemegang PKMS Silver yang selama ini terfasilitasi kemudian harus membayar saat berobat di Puskemas dikhawatirkan hal itu akan menimbulkan gejolak di masyarakat. Penggratisan biaya berobat di Puskesmas juga dinilai tepat sasaran lantaran mayoritas warga yang berobat di Puskesmas merupakan warga miskin.

“Kalau orang kaya pasti berobatnya tidak ke Puskesmas,” ujar dia.

Disisi lain, Teguh juga meminta Dinas Kesehatan Kota (DKK) untuk mensosialisasikan penghapusan PKMS ke lapisan mayarakat terbawah. DKK bisa memanfaatkan jejaring yang dimiliki semisal Posyandu di tingkat RT dan RW.

Sementara, Ketua Komisi IV, Hartanti mengungkapkan Komisi IV bakal memanggil DKK, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil serta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) pada Rabu (6/1) besok.

“Mereka kita undang untuk membahasa migrasi PKMS ke JKN ini,” ujar dia.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge