0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pelantikan Walikota Solo, DPRD Kirim Surat ke Gubernur

Teguh Prakosa (dok.timlo.net/daryono)

Solo — DPRD Solo segera mengirimkan surat permintaan pelantikan walikota dan wakil walikota Solo kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri) melalui Gubernur Jawa Tengah. Surat ke Gubernur dikirim setelah DPRD menerima surat dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Solo yang menetapkan FX Hadi Rudyatmo – Achmad Purnomo sebagai walikota dan wakil walikota terpilih.

“Hari ini dikonsep, besok (Rabu, 6/1) surat dikirim ke Gubernur,” kata Ketua DPRD Solo, Teguh Prakosa kepada wartawan, Selasa (5/1) di gedung dewan.

Menurut Teguh, setelah DPRD menerima surat penetapan FX Hadi Rudyatmo – Achmad Purnomo sebagai kepala daerah terpilih, tugas DPRD meneruskan surat penetapan KPU ke Gubernur. Adapun waktu dan lokasi pelantikan diserahkan sepenuhnya kepada Gubernur.

“Tugas kita menyampaikan hasil penetapan KPU ke Mendagri lewat ke Gubernur. Itu saja. Perkara tanggal dan tempat pelantikan itu ranah di sana (Gubernur). Kewajiban kita hanya menyampaikan surat,” beber dia.

Disinggung desakan sejumlah fraksi DPRD yang meminta percepatan pelantikan, Teguh menyampaikan dalam surat ke Gubernur tidak menekankan percepatan pelantikan. Namun demikian, Gubernur tentunya sudah tahu kondisi di Solo setelah meninggalnya Penjabat (Pj) Walikota Solo, Budi Suharto.

“Tidak ada permintaan percepatan. Tapi Pak Gubernur kan sudah tahu kondisinya. Kemarin sudah datang langsung ke Solo,” ujar dia.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge