0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

2.703 Mahasiswa UNS KKN di 10 Provinsi

dok.timlo.net/tyo eka
Rektor UNS Ravik Karsidi melepas mahasiswa peserta KKN (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo – Sebanyak 2.703 mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) diberangkatkan mengikuti program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Integratif periode Januari – Februari 2016, dari Kampus UNS, Solo, Selasa (5/1). Ke 2.703 mahasiswa peserta KKN tersebut didamping 129 Dosen Pembimbing Lapangan.

Road map KKN, tahun 2016 KKN UNS atau program KKN tahun ketiga ini menargetkan tema berasal dari hilirisasi produk penelitian dan pengabdian UNS dari tema-tema KKN tiga tahap pemberangkatan sebelumnya,” jelas Kepala Unit Pelaksana Kuliah Kerja Nyata (KKN) UNS, Dr Rahayu kepada Timlo.net, seusai acara pemberangkatan, di Kampus UNS, Solo, Selasa (5/1).

Rahayu mengatakan, pada tahun ketiga ini penerimaan pemerintah daerah (Pemda) sebagai lokasi KKN UNS semakin besar, dan beberapa Pemda telah memulai menyiapkan program KKN bersama UNS lebih awal. Pada periode ini beberapa kerjasama KKN telah terbentuk di antaranya dengan Pemda Pati, Pemda Bangka, dan Kementerian Desa.

Sumberdaya Desa yang semakin besar dengan dana desa, menurut Rahayu, memerlukan pendampingan dalam RPJM Desa, aplikasi dan akses ilmu teknologi dari kampus. Sehingga keberadaan KKN menjadi semakin penting dan permintaan KKN UNS oleh pihak pemda juga semakin besar.

Dalam hal produk unggulan daerah, maka target KKN 2016 adalah Tindak Lanjut Penguatan Produk, Penguatan Kesiapan Dan Kelembagaan Produk, dan MoU Komersialisasi Produk tersebut Anantara UNS dengan Pemda. Periode ini juga UNS menerima kontingen dari Universitas Khairun yakni universitas negeri di Propinsi Maluku Utara, yakni di Ternate.

Ditambahkan, cakupan wilayah KKN UNS pada tahun ini mencapai 21 kabupaten di Jawa dan 21 lokasi di luar Jawa, yakni mencakup 10 propinsi yakni Nangroe Aceh Darusalam, Bangka Belitung, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Sulawesi Tenggara, NTB, NTT, Maluku, Maluku Utara dan Papua Barat, serta 1 lokasi di luar negeri yakni Sabah, Malaysia

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge