0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Gali Sawah, Warga Boyolali Temukan Arca Dewa Siwa

dok.timlo.net/nanin
Lokasi peemuan arca di Dusun Ngares, Desa Kadireso, Teras, masih banyak dikunjungi warga (dok.timlo.net/nanin)

Boyolali — Warga Dusun Ngares, Desa Kadireso, Kecamatan Teras, Boyolali dihebohkan dengan penemuan arca diduga berbentuk Dewa Siwa. Arca tersebut ditemukan saat sedang menggali tanah sawah untuk membuat batu bata. Hingga saat ini, lokasi temuan masih dipadati warga yang penasaran ingin melihat langsung wujud sang arca.

“Ketemunya kan saat menggali. Ada batu yang menonjol, setelah digali lebih dalam ternyata ada arcanya,” kata Sutardiyanto, warga Doplang, Teras, yang pertama kali menemukan arca, Selasa (5/1).

Pertama kali arca ditemukan dalam posisi terbaring di atas tujuh batu yang digunakan sebagai alas untuk melindungi. Arca dengan tinggi 70 cm dan lebar 40 cm diambil dari kedalaman 75 cm. Saat ditemukan, arca dalam kondisi utuh, hanya bagian dagu dan bahu yang pecah karena terkena linggis saat digali. Saat ini, arca disimpan di rumah Sutardiyanto untuk menjaga agar tidak dicuri.

“Saya simpan dulu, tapi kalau nanti mau diambil Dinas Purbakala, ya monggo saja,” tambah Sutardiyanto.

Kepala Balai Pelestarian Cagar Budaya Jateng, Sri Ediningsih, mengatakan pihaknya akan segera menerjunkan tim untuk melakukan penelitian jenis arca. Termasuk melakukan penelusuran di sekitar lokasi penemuan arca. Pihaknya belum bisa memastikan apakah arca tersebut merupakan bagian dari bangunan atau bagian benda purbakala.

“Kita belum bisa memastikan jenisnya,” kata Sri Ediningsih ketika dihubungi melalui telepon.

Namun, dari lokasi temuan, kemungkinan arca tersebut peninggalan jaman Hindu Budha, abad 8 Masehi sampai 9 Masehi. Dugaan ini diperkuat dengan temuan-temuan candi di wilayah Boyolali merupakan era jaman Hindu Budha.

“Benda purbakala yang kita temukan di Boyolali, kebanyakan di era jaman Hindu Budha,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge