0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Migrasi PKMS Gold ke BPJS, DKK Baru Setor Sepertiga Data

timlo.net
Ketua Komisi IV DPRD Solo, Hartanti (timlo.net)

Solo – Migrasi Pemeliharaan Kesehatan Masyarakat Surakarta (PKMS) Gold ke Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) mulai tahun ini menimbulkan sejumlah persoalan. Dari 21.000 warga pemegang PMKS Gold, baru 7.000 warga yang datanya disetor ke Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS).

“Dari konfirmasi saya dengan Bu Ning (Kepala Dinas Kesehatan Kota Solo, Siti Wahyuningsih —Red) Sampai Januari ini yang terdaftar ke BPJS baru 7.000 dari 21.000, “ kata Ketua Komisi IV DPRD Solo, Hartanti kepada wartawan, Senin (4/1), saat ditemui di gedung dewan.

Minimnya data warga PKMS Gold yang disetor ke BPJS itu, lanjut Hartanti, lantaran pendataan ulang PKMS Gold yang dilakukan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) baru selesai 7.000 warga dari 21.000 warga yang mestinya diselesaikan. Padahal, pendataan PKMS Gold seharusnya sudah selesai Desember kemarin.

“Artinya 14.000 warga pemegang PKMS Gold belum tercover di BPJS. Kalau seperti ini yang terjadi kami berharap Bappeda segera merampungkan pendataan sehingga segera bisa disetor ke DKK. Selanjutnya DKK tinggal menyetor ke BPJS,” ujar dia.

Sambil menunggu proses pendataan dan migrasi ke BPJS selesai, bagi warga pemegang PKMS Gold yang sakit dan belum mendapatkan kartu BPJS, Hartanti meminta warga melapor ke DKK. Hartanti berharap DKK memprioritaskan warga itu agar bisa segera mendapatkan kartu BPJS.

Anggota Komisi IV DPRD Solo, Reny Widyawati mengatakan Pemkot semestinya sudah menyiapkan data PMKS Gold sejak awal. Saat pembahasan di Badan Anggaran (Banggar) tahun lalu, pihaknya sudah meminta data keluarga miskin (Gakin). Namun hingga kini data itu tidak kunjung diberikan.

“Mestinya Pemkot memakai data Gakin 2015. Tetapi kalau mau didata ulang ya monggo. Kalau kemudian ada masalah ya itu karena perubahan sistem. Ada konsekuensi yang harus ditanggung,” jelas dia.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge