0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ekonomi Lesu, Pengaruhi Penerimaan Pajak 2015

timlo.net/setyo pujis
Pelayanan pajak di KPP Pratama (timlo.net/setyo pujis)

Solo – Melemahnya kondisi ekonomi karena dampak krisis global berdampak kepada penerimaan pajak tahun 2015. Kendati demikian capaian pajak tersebut masih tumbuh jika dibandingkan tahun sebelumnya.

“Dari 12 KPP di Jawa Tengah, selama 2015 capainya hanya 72 hingga 94 persen dari target,” ujar Kepala Bidang Penyuluhan, Pelayanan dan Humas (P2H) Kanwil DJP Jateng II, Basuki Rahmat kepada wartawan, Senin (4/1).

Dirinya mengatakan, tidak maksimalnya penerimaan pajak tahun ini karena gejolak ekonomi global serta adanya revisi Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP) dari sebelumnya Rp 2,4 Juta menjadi Rp 3 Juta.

“Kendati demikian realisasi pajak tahun ini justru cenderung meningkat sekitar 27,4 persen jika dibandingkan tahun lalu,” jelasnya.

Ia menyampaikan, dari semua kategori pajak hanya pajak penghasilan (PPh) orang pribadi (OP) yang tumbuh secara signifikan. Menurutnya dari target Rp 120 Miliar menjadi Rp 303 Miliar pada tahun 2015.

“Tingginya penerimaan pajak dari unsur OP ini karena dipengaruhi oleh kebijakan penghapusan denda yang diberlakukan pemerintah,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge