0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Prof Furqon: UN Harus Gunakan Komputer

Prof Furqon Hidayatullah (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Guru Besar Pendidikan UNS Prof Furqon Hidayatullah menyatakan, ke depan ujian nasional (UN) harus segera menggunakan Computer Base Test (CBT) atau ujian berbasis komputer, dan sekolah harus membiasakan siswanya dalam ujian menggunakan komputer.

“Apalagi penggunaan CBT dalam ujian (UN) kemarin, terbukti bisa berjalan baik dan berhasil,” ungkap Furqon kepada wartawan, di Rektorat Universitas Sebelas Maret (UNS), Solo, Senin (4/1).

Setelah bisa berjalan baik dan lancar, menurut Furqon, beberapa hal yang perlu diperbaiki adalah perangkat-perangkat komputer yang ada dan disempurnakan sesuai kebutuhan.

Selain itu, Furqon meminta pada guru dan sekolah agar mengusahakan semua murid mulai familiar perangkat komputer dan IT. Kalau tidak familiar, akan mengganggu kelancaran. Bahkan termasuk gurunya juga harus familiar.

“Sering juga dilakukan uji coba, baik perangkatnya maupun siswanya. Bila sering dilakukan uji coba maka bisa segera dilakukan antisipasi terhadap perbaikan perangkat maupun meningkatkan ketrampilan siswa dalam menangani perangkat komputernya,” jelas Furqon.

Seiring dengan itu, Furqon yang sekarang menjabat sebagai Kepala Pascasarjana UNS mengharapkan pelaksanaan UNCBT pada tahun 2017 bisa diterapkan pada sebagian besar ujian, khususnya daerah perkotaan.

“Paling tidak, dengan UNCBT bisa menekan kebocoran dan anggaran ujian nasional,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge