0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Baru Dibuat 12 Tahun, Patung Jenderal Soedirman Roboh

Patung Jenderal Soedirman Roboh (merdeka.com)

Timlo.net – Salah patung Jenderal Soedirman di Purbalingga roboh, Minggu (3/1) pagi. Patung tersebut dibuat oleh seniman asal Jakarta, Azmir sejak tahun 2004 lalu atau sudah berusia 12 tahun.

“Tidak ada angin, tidak ada apa-apa, tiba-tiba saja jatuh ke arah barat dan sempat menutup jalan. Beruntung tidak menimpa pengendara sepeda motor yang lewat karena saat itu pas lampu merah. Kalau tidak lampu merah, pasti ada yang kena,” kata saksi mata, Budi Suharso.

Patung tersebut menghadap ke arah selatan, berposisi berdiri dan berjubah. Kaki sebelah kanannya, terangkat dan diletakkan di atas batu. Sedangkan, tangan kiri memegang teropong dan tangan kanan memegang tongkat.

Patung itu terputus di bagian kepala. Ketinggian patung mencapai 10,4 meter, termasuk pondasi pijakan. Patung itu dibuat dari fiberglass sehingga menjadi keropos akibat sering terkena panas dan diguyur hujan. Kala itu, anggaran pembangunan patung itu mencapai Rp 270 juta diambil dari APBD perubahan.

Petugas Kepolisian Resor Purbalingga dan Dinas Pekerjaan Umum langsung membersihkan serpihan reruntuhan patung dan menutup alas patung dengan terpal.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Purbalingga, Sigit Subroto, mengakui tidak dilakukan perbaikan patung tersebut dalam waktu dekat karena anggarannya harus diusulkan pada APBD Perubahan. Oleh sebab itu, pihaknya berjanji akan memperbaiki robohnya patung itu.

Selain itu, pihaknya juga akan berkonsultasi dengan seniman yang membuatnya di Jakarta untuk perbaikan.

“Apakah patung itu bisa diperbaiki atau harus dibuat dari awal atau baru, sebab ini menyangkut karya seni,” tandasnya.

[ang]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge