0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pedestrian Pasar Gede Dilarang untuk Parkir

Sterilisasi pedestrian di sebelah barat kawasan Pasar Gede (dok.timlo.net/heru murdhani)

Solo – Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Solo melakukan sterilisasi pedestrian di sebelah barat kawasan Pasar Gede. Karena selama ini kawasan itu kerap dijadikan lokasi parkir dan dituding menyebabkan arus lalu lintas di Jl Urip Sumoharjo tersendat.

“Kita lakukan sosialisasi dan sekaligus sterilisasi terhadap para Jukir, karena kawasan ini tidak lagi digunakan untuk lokasi parkir, melainkan akan digunakan untuk pejalan kaki,” ungkap Kepala UPTD Parkir, M Usman, Senin (4/1).

Aparat gabungan yang terdiri dari  Kepolisian, Satpol PP dan Dishubkominfo tersebut langsung menyisir bagian depan pasar dengan menyingkirkan puluhan kendaraan yang ada di lokasi tersebut. Kendaraan tersebut dipaksa untuk berpindah tempat, dan menempati lokasi parkir yang disediakan di sisi utara pasar dan sisi timur pasar.

“Padahal bagi kendaraan pengunjung pasar, telah disediakan lokasi di kawasan sebelah utara dan timur pasar. Nantinya tidak boleh lagi parkir di sini, karena proses revitalisasinya telah selesai, kawasan sisi barat ini digunakan untuk pejalan kaki,” ungkap Usman.

Larangan parkir tersebut diberlakukan kepada pengunjung pasar maupun pedagang. Bagi pedagang Pasar Gede pemerinntah kota menyediakan lokasi parkir di Taman Parkir Mayor Kusmanto.

Kawasan parkir di utara dan timur pasar berkapasitas tampung sekitar 70 mobil dan sekitar 300 sepeda motor. Taman parkir Mayor Kusmanto yang memiliki daya tampung sekitar 600 sepeda motor dan 150 mobil.

“Untuk droping barang bagi pedagang, tidak boleh dilakukan di depan pasar, melainkan di sisi timur pasar, setelah droping kendaraan harus diparkirkan di Taman Parkir Mayor Kusmanto,” tegas Usman.

Mulai hari ini pihaknya akan melakukan tindakan tegas terhadap pelanggaran parkir tersebut. Tindakan itu akan berupa penggembokan dan tindakan Tilang.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge