0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sejumlah Fraksi Desak Pelantikan Walikota Solo Dipercepat

dok.timlo.net/tyo eka
Ketua Komisi II DPRD Solo YF Sukasno (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo – Sejumlah fraksi di DPRD Solo mendesak pelantikan Walikota-Wakil Walikot terpilih hasil Pilkada 9 Desember silam, dilakukan sesegera mungkin. Berpulangnya Penjabat (Pj) Walikota Solo Budi Suharto akhir tahun lalu, serta keterbatasan kewenangan Pj Walikota menjadi alasan perlunya percepatan pelantikan.

“Pilkadanya memang serentak. Tetapi untuk pelantikannya kan menyesuaikan kebutuhan. Kan tidak ada persoalan (gugatan), ya kenapa harus mundur. Karena tidak ada persoalan, tinggal dilantik saja. Menurut kami lebih cepat lebih baik dalam arti segera mengoptimalkan kerja yang ada,” kata Ketua Fraksi Demokrat Nurani Rakyat (F-DNR) DPRD Solo, Supriyanto kepada wartawan, Senin (4/1).

Lebih lanjut, Supriyanto mengungkapkan roda pemerintahan akan lebih efektif jika dipimpin kepala daerah terpilih. Pelantikan walikota terpilih secepatnya juga lebih baik daripada walikota terpilih memberikan masukan dari luar pemerintahan.

Senada, Ketua Fraksi PDIP DPRD Solo, YF Sukasno menilai tidak ada regulasi yang melarang percepatan pelantikan Walikota terpilih. Pelantikan kepala daerah yang daerahnya tidak ada gugatan semestinya juga tidak perlu menunggu daerah yang melakukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK).

“Kalau pelantikan Januari ini atau maju dari rencana awal, saya kira tidak masalah. Karena kondisinya memang mendesak,” ujar dia.

Terkait hal itu, kata Sukasno, hari ini Fraksi PDIP akan menggelar rapat. Rencananya, Fraksi DPRD akan mengirim surat ke pimpinan DPRD agar berkirim surat ke Gubernur Jawa Tengah untuk meminta percepatan pelantikan.  “Kami akan mendesak ke pimpinan DPRD untuk mengusulkan pelantikan segera ke Gubernur,” jelas dia.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge