0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Rupiah Down Hampir Menyentuh Rp Rp 14.000 per USD

dok.merdeka.com
(Ilustrasi) Uang bank (dok.merdeka.com)

Timlo.net – Kurs rupiah sempat tergerus hingga hampir menyentuh level Rp 14.000 per USD pada perdagangan Senin (4/1). Dilansir dari data Bloomberg, saat ini Rupiah berada di Rp 13.916 per USD atau melemah dibanding pembukaan tadi pagi di level Rp 13.855 per USD.

Analis NH Korindo Securities Indonesia, Reza Priyambada mengatakan, meski harga minyak mentah mulai kembali naik namun, laju USD belum menunjukkan penurunan sehingga laju Rupiah pun belum dapat beranjak dari teritori negatif.

Akibatnya laju Rupiah harus puas mengakhiri tahun 2015 di zona merah, berbeda dengan laju IHSG yang menguat di hari terakhir perdagangan di tahun 2015. Melemahnya EUR, NZD, JPY, dan INR turut berimbas negatif pada laju rupiah.

“Kenyataan yang harus diterima oleh Rupiah di mana potensi laju penguatan jelang akhir tahun harus terganjal dengan mulai kembali naiknya laju USD karena imbas pelemahan harga minyak mentah yang juga berimbas pada penurunan sejumlah harga komoditas,” ujarnya dalam riset harian.

Sehingga diharapkan pada awal tahun ini dapat menjadi momentum pembalikan arah menguat bagi rupiah. Meski demikian, tetap cermati berbagai sentimen yang dapat mempengaruhi laju Rupiah. Laju Rupiah di bawah target support 13.666. Rp 13.812-13.770. (kurs tengah BI).

[idr]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge