0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kereta Bandara Soekarno-Hatta Beroperasi Akhir Tahun Ini

Kereta Bandara Kuala Namu (merdeka.com)

Timlo.net — Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI), Edi Sukmoro menargetkan negosiasi pembebasan lahan kereta Bandara Soekarno-Hatta selesai akhir Januari. Jika 100 keluarga penolak tanahnya dibebaskan, KAI akan membawa masalah ini ke pengadilan.

“Kita sudah upaya terakhir Januari kalau tidak menerima, konsesi di pengadilan,” imbuh Edi dalam acara Open House di rumah dinas Menteri Perhubungan, Jakarta, Minggu (3/1).

Dia mengatakan proses pembangunan jalur kereta Bandara Soekarno-Hatta sudah mencapai 92 persen.

“Yang masalah 100 kepala keluarga dari 800,” katanya.

Namun, dia tetap optimistis kereta bandara Soekarno-Hatta bisa beroperasi pada akhir tahun ini. Menurut Edi, jika jalur kereta bandara rampung, maka waktu tempuh perjalanan menuju Bandara Soekarno-Hatta bisa lebih cepat dibandingkan melalui jalur tol.

“Jadi jarak kereta satu dengan lain sampai saat ini setengah jam. Tapi nanti kalau kereta tersedia banyak, kita pengen 10 menit,” pungkasnya.

Seperti diketahui, pembangunan jalur KA Bandara-Soetta dilakukan sebagai tindak lanjut Peraturan Presiden Nomor 83 Tahun 2011 Tentang Penugasan kepada PT KAI (Persero) untuk Menyelenggarakan Prasarana dan Sarana KA Bandara Soetta dan Jalur Lingkar Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang- Bekasi.

Tujuan pembangunan jalur bandara tersebut untuk meningkatkan pelayanan moda transportasi KA, khususnya untuk melayani angkutan penumpang dari Jakarta ke Bandara Soetta melalui Kota Tangerang yang akan dioperasikan PT Railink, perusahaan patungan antara PT KAI dan PT AP II.

KA Bandara Soetta akan beroperasi dari Stasiun Bandara Soetta melewati Stasiun Sudirman Baru, Duri dan Batu Ceper sebagai stasiun pemberhentian. Total jarak yang dilintasi adalah sepanjang 36,3 kilometer yang terdiri dari 24,2 jalur yang sudah ada (existing) dan 12,1 kilometer jalur baru.

[bim]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge