0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Hari Pertama SPMB UMS Diserbu Ratusan Pendaftar

dok.timlo.net/tyo eka
Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) (dok.timlo.net/tyo eka)

Sukoharjo — Ratusan pendaftar calon mahasiswa baru menyerbu One Day Service (ODS) hari pertama pembukaan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), di Kampus UMS, Pabelan, Kartasura, Sukoharjo, Sabtu (2/1).

“Tanggal 2 Januari 2016 adalah hari pertama pembukaan SPMB UMS,” jelas Wakil Rektor I bidang Akademik UMS, Dr Muhammad Dai kepada Timlo.net, di ruang kerjanya.

Dai mengatakan, SPMB UMS bakal dibuka hingga 27 Agustus 2016, dengan target pendaftar sekitar 18.000 orang, dan yang bakal diterima sebanyak 6.500 orang. Seleksi yang dipakai seperti tahun sebelumnya yakni sistim ODS.

“ODS, yakni pendaftar datang mendaftar, langsung mengerjakan soal seleksi, dan pada hari itu juga dapat diketahui hasilnya, diterima ataukah tidak,” jelasnya.

Selain ODS, SPMB UMS juga memakai sistem paper base test yang dibuka di beberapa daerah tertentu, sekaligus calon diundang untuk mengikuti seleksi secara kolektif di tempat itu.

Dijelaskan, meskipun baru awal seleksi, namun passing grade nilai dinaikkan sebesar 10 persen dibanding tahun lalu pada periode yang sama. Tujuannya untuk meningkatkan kualitas pendaftar sekaligus kualitas input calon mahasiswa yang diterima.

“Peningkatan kualitas itu agar dapat memudahkan pengelolaan dan lebih baik,” ujarnya.

Menurutnya, program studi (Prodi) yang bakal serbu pendaftar, memang tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya, seperti Prodi Kedokteran, Farmasi, Kedokteran Gigi, Pendidikan PGSD, Ekonomi Manajemen dan Akuntansi.

Namun demikian, kata Dai, dengan dibangunnya gedung-gedung baru di lingkungan UMS, laboratorium-laboratorium yang ada bisa ditingkatkan jumlahnya sekaligus kualitasnya, sehingga peminat pendaftar UMS tahun ini lebih merata ke semua Prodi.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge