0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Setelah Sulawesi, Pemerintah Bangun Jalur KA di Papua

Jokowi di Papua (merdeka.com)

Timlo.net — Presiden Joko Widodo mengungkapkan, pada tahun 2016 kemungkinan pemerintah memulai pembangunan jalan kereta api (KA) di Tanah Papua dari wilayah Sorong, Papua Barat.

“Kemarin baru saja kita buka jalur kereta api di Sulawesi, nanti tahun ini di Papua,” kata Presiden dalam pertemuan dengan warga masyarakat Distrik Kais Kabupaten Sorong Selatan, Papua Barat, Jumat (1/1).

Presiden awalnya memperkirakan studi kelayakan pembangunan jalur KA di Papua akan selesai dalam waktu setahun namun ternyata tidak dapat diselesaikan dalam setahun.

“Tidak apa-apa, yang penting jalur ini bisa dibangun. Kemungkinan besar dimulai di Sorong. Daerah lain jangan jadi marah,” kata Jokowi.

Presiden kembali menyatakan seluruh kabupaten di Papua ditargetkan pada 2018 sudah tersambung semua melalui jalur darat.

“Dan mohon doa restu tahun ini moga-moga jalur kereta api juga sudah mulai dibangun,” ujarnya.

Jokowi menyebutkan selama empat hari terakhir dirinya berada di Papua dan Papua Barat dan berkeliling dari satu daerah ke daerah lainnya mulai dari Merauke, Wamena, Nduga, Timika, Raja Ampat dan Sorong.

“Semakin sering saya ke Tanah Papua, semakin saya tahu bahwa Papua adalah surga kecil yang diturunkan ke bumi,” kata Presiden.

Dia juga mengatakan bahwa dirinya semakin tahu dengan kondisi masyarakat Papua yang baik-baik dan ramah-ramah.

Dalam kunjungan ke Sorong, Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo juga mengunjungi Pabrik Sagu Perum Perhutani di Distrik Kais, Kabupaten Sorong Selatan.

Presiden bersama Ibu Negara didampingi Menteri Pariwisata Arief Yahya dan Direktur Utama Perum Perhutani Mustoha Iskandar, berkeliling melihat proses pengolahan sagu.

Jokowi berharap pabrik sagu itu akan bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

“Dan yang bekerja berasal dari lingkungan masyarakat sekitarnya,” katanya.

[bal]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge