0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Awal Tahun, Harga Cabai Melonjak

dok.merdeka.com
Cabe merah (dok.merdeka.com)

Timlo.net — Awal tahun ini jadi kado buruk untuk masyarakat yang suka makan cabai. Harga cabai mengalami kenaikan pada awal tahun ini.

Salah satu pedagang eceran cabai, Asmoing, mengatakan harga cabai sejak hari ini mengalami kenaikan. Dia mengaku kenaikan harga tersebut karena mengikuti harga dari pasar induk.

“Cabai naik mas, kemarin pas hari kamis harganya Rp 40.000 per kg sekarang jadi Rp 50.000 per kg. Kalau disini naik, diinduk sudah pasti naik,” ujar dia di Pasar Baru, Bekasi, Jawa Barat, Jumat (1/1).

Kenaikan harga cabai tersebut untuk jenis rawit merah dan cabai keriting. Sedangkan, untuk cabai hijau hanya mengalami kenaikan dari Rp 20.000 per kg menjadi Rp 30.000 per kg.

Pria yang sudah berjualan sayur dan cabai selama 16 tahun ini menyebut kenaikan harga cabai tersebut karena ketersediaan cabai yang menipis.

“Kiriman cabai kosong dan kurang itu pasti naik. Tapi kalau kiriman banyak itu turun harganya,” kata dia.

Senada dengan Asmoing, Ilham, salah satu pemasok cabai mengatakan saat ini harga cabai juga tengah mengalami kenaikan sampai dengan tanggal 3 Januari mendatang.

“Hari ini harga cabai lagi naik, kenaikan paling cuman sampai tanggal 3 saja. Tanggal 4 sudah turun,” kata Ilham.

Ilham menjelaskan kenaikan harga ini sudah berlaku sejak hari raya Natal dan sempat mengalami penurunan pada tanggal 31 Desember 2015. Sehari berselang, harga cabai kembali melonjak memasuki tahun baru.

“Sesudah Natal sudah naik. Sekarang ini harganya Rp 45.000, Cabai keriting hijau Rp 18.000, Rawit Merah Rp 38.000 sebelum tahun baru harganya Rp 25.000 dan kalau cabai jenis TW Rp Rp 18.000 per kg,” jelas dia.

Ilham menjelaskan, kenaikan harga tersebut disebabkan karena kosongnya stok cabai dari petani. Selain itu, dia juga tidak bisa menjamin harga cabai tetap stabil.

“Harga cabai itu tidak menentu perjam akan berubah karena 1 jam kosong saja akan berubah. Kenaikan harga kosong karena dari petani juga kosong, barang telat juga bisa naik harganya,” tandas dia.

[sau]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge