0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Janji Hanif Dhakiri, Pengangguran Berkurang 700 Ribu pada 2016

merdeka.com
Muhammad Hanif Dhakiri (merdeka.com)

Timlo.net – Sepanjang 2015, pengangguran di tanah air berkurang sebanyak 498.993 orang. Pengurangan tersebut dicapai melalui program Padat Karya Produktif, Padat Karya Infrastruktur, Tenaga Kerja Mandiri, Tenaga Kerja Sukarela, Penciptaan Wira Usaha Baru, Penetapan Teknologi Tepat Guna.

“Tahun depan saya menargetkan, Kemenaker berkontribusi pengurangan pengangguran minimal 700.000 orang, dari total target nasional yang ditetapkan Presiden Jokowi sebanyak 2 juta,” kata Menteri Ketenagakerjaan, Muhammad Hanif Dhakiri, Jumat (1/1).

Selain itu, dia mengaku Kemenaker juga telah menyiapkan langkah-langkah strategis meningkatkan daya saing sumber daya manusia (SDM) angkatan kerja Indonesia. Hal ini dilakukan agar masyarakat mampu mengambil untung dari zona perdagangan bebas tersebut.

“Tahun 2015, telah diselesaikan penetapan 85 Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI), Akreditasi 725 Balai Latihan Kerja (BLK) dan Lembaga Pelatihan Kerja Swasta (LPKS), juga dilaksanakan Pelatihan Wirausaha dan Keterampilan Kerja sebanyak 717.454 Calon Tenaga Kerja dan Sertifikasi 167 Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP). Ini semua bagian penting kita menyiapkan angkatan kerja agar mampu memimpin persaingan di MEA,” kata dia.

Disamping itu, Kementerian Ketenagakerjaan juga telah membangun 6 BLK baru di Banyuwangi, Sidoarjo, Bantaeng, Pangkajene, Belitung dan Lombok Timur sebagai salah satu implementasi program revitalisasi BLK. Bahkan, Hanif juga telah menyiapkan dana sebesar Rp 143 miliar untuk peremajaan peralatan pelatihan di BLK tersebut.

[sau]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge