0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kirab Tapa Bisu Warnai Malam Tahun Baru

timlo.net/agung widodo
Kirab Tapa Bisu (timlo.net/agung widodo)

Sragen — Kirab Tapa Bisu mewarnai malam pergantian tahun 2016, Kamis (31/12) malam. Kirab yang digelar oleh Paguyuban Kawula Keraton Surakarta Hadiningrat (Pakasa) tersebut diikuti oleh sekitar 500 orang.

“Dinamakan Kirab Tapa Bisu karena selama kirab mereka tidak boleh berbicara satu patah kata pun,” kata Sri Wahono, Korlap Tapa Bisu kepada Timlo.net.

Sebelum kirab dimulai, terlebih dahulu diadakan upacara Mapak Warsa Enggal di halaman Pendopo Sumonegaran Rumah Dinas Bupati Sragen. Kirab sendiri dimulai dari pendopo-Jalan Raya Sukowati melalui depan Kantor Bupati-Pos Lalu Lintas Pasar Kota Sragen-Jalan Ahmad Yani-Radio Umum-Jalan Raya Sukowati dan kembali ke pendopo.

Namun sebelum ke pendopo kirab berhenti di depan Taman Krido Anggo atau eks Gedung KNPI untuk memberi kesempatan masyarakat rebutan dua gunungan yang dipikul pasukan kirab.

“Tujuan kirab ini adalah untuk meminta kepada Tuhan agar tahun baru yang akan dilalui nanti Sragen dan warga masyarakatnya terbebas dari bala bencana,” jelas Wahono.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge