0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jaga kenyamanan, PT KAI Buat Aturan Bagasi

dok.timlo.net/setyo pujis
Suasana penumpang KA di stasiun Solo Balapan (dok.timlo.net/setyo pujis)

Solo – PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan mengeluarkan kebijakan baru untuk mengatur bagasi para penumpang. Hal itu dilakukan untuk menjaga kenyamanan serta ketertiban penumpang saat berada dalam perjalanan.

“Saat ini kita masih uji coba kebijakan itu dan rencananya akan mulai berlaku Februari mendatang. Mengingat peralatan atau timbangan yang digunakan di seluruh stasiun belum sepenuhnya siap,” ujar Manager Humas Daop VI Yogyakarta, Eko Budiyanto kepada wartawan, Kamis (31/12).

Dirinya mengatakan, kebijakan tersebut penting diberlakukan mengingat selama ini masih banyak penumpang yang nekad. Mereka membawa barang bawaanya melebihi dari berat yang sudah ditetapkan.

“Sebenarnya sebelumnya sudah barang bawaan dibatasi. Namun ternyata kebijakan itu kurang efektif. Sehingga saat ini perlu dibuat aturan khusus agar bisa ditertibkan,” jelasnya.

Dalam kebijakan yang baru tersebut, Eko menyampaikan jika penumpang yang membawa barang melebihi berat 20 kilogram akan dikenakan biaya tambahan. Untuk kelas Eksekutif per satu Kilo gram dikenakan tambahan biaya Rp 10 ribu, Bisnis Rp 6 ribu dan Ekonomi Rp 2 ribu.

“Jadi barang yang beratnya di atas 20 hingga 40 kilogram akan dikenakan biaya tambahan seperti yang sudah ditentukan. Namun jika melebihi dari 40 kilogram selain membayar biaya tambahan, barang bawaanya juga akan diangkut dengan menggunakan jasa ekspedisi,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge