0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Gubernur Segera Tunjuk Pejabat Walikota Pengganti

Gubernur Ganjar Pranowo saat melayat di Balaikota Solo (timlo.net/heru murdhani)

Solo — Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, segera menunjuk Pejabat Walikota pengganti, yang akan menggantikan Penjabat Walikota Solo, Budi Suharto yang tutup usia, Rabu (30/12). Hal itu untuk menghindari kekosongan jabatan walikota.

“Dalam waktu 24 jam nanti akan kita tunjuk, penjabat walikota pengganti,” tegas Ganjar saat ditemui disela persemayaman jenazah, Pj Walikota Solo, Budi Suharto, di Balaikota.

Namun, pihaknya masih menunggu usulan dari jajaran Pemkot Surakarta, yang dinilai mumpuni untuk memimpin Kota Solo beberapa bulan ke depan sebelum ada Walikota definitif. Dia berpandangan pejabat yang bisa menjadi Penjabat Walikota, adalah yang paham dengan seluk-beluk pemerintahan.

Menurut Ganjar kemungkinan besar pejabat yang mampu mengemban jabatan PJ Walikota yakni Plt Sekda, Budi Yulistyanto. Budi dinilai menguasai TAPD Tim Anggaran Pemerintah Daerah. Pihaknya mengaku tidak akan mempersulit pengangkatan PJ Walikota, karena tanggal 31 Desember ini merupakan tutup tahun anggaran, seluruh daerah harus melakukan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ).

Sementara itu, Plt Sekda Solo, Budi Yulistyanto menuturkan, sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) siap melaksanakan tugas jika memang diberi mandat. Ia mengatakan, keberadaan Pj dibutuhkan untuk menyelesaikan kegiatan terkait APBD 2015 ini, karena semua LKPJ harus ditandatangani Walikota.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge