0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Polres Boyolali Amankan 330 Terompet Bersampul Alquran

dok.timlo.net/nanin
Terompet bercover Alquran disita polisi (dok.timlo.net/nanin)

Boyolali — Sebanyak 330 terompet dengan cover Alquran diamankan dari dua pedagang musiman asal Wonogiri di depan Pasar Karanggede, Boyolali. Terompet tersebut saat ini diamankan di Mapolres Boyolali. Dua pedagang terompet, Sarimin (77) dan Dwi Ranto (45) warga Bulukerto, Wonogiri, dimintai keterangan sebagai saksi.

“Sudah kita mintai keterangan, tapi statusnya hanya saksi,” kata Kapolres Boyolali AKBP Budi Sartono, melalui Kasat Reskrim AKP Andi Prasetya, Rabu (30/12).

Lebih lanjut, temuan terompet dengan bahan cover Alquran tersebut saat dilakukan sweping dengan sasaran pedagang terompet. Petugas akhirnya menemukan terompet dengan cover Alquran di lapak milik Sarimin dan Dwi Ranto, yang merupakan ayah anak. Menurut keterangan Sarimin, terompet tersebut dibeli dari Pardi, warga Semarang. Dirinya membeli sebanyak 800 terompet dengan harga Rp 2000 perbiji.

“Saat kita lakukan sweeping, terompet tinggal 330 buah, sedangkan yang 470 buah sudah laku,” ujar Andi ditemui di Mapolres.

Khawatir menimbulkan aksi anarkhis, terompet-terompet bergambar tulisan Arab dengan cover berwarna hijau yang ditutup dengan kertas warna warni kemudian disita. Cover Alquran tersebut terdapat tulisan Kementerian Agama RI dan tahun 2013. Untuk percetakanya, menurut Andi, dicetak oleh CV Aneka Ilmu. Cover Alquran yang digunakan untuk bahan terompet tersebut mestinya dimusnahkan, namun diduga dijual tanpa sepengetahuan pemilik percetakan.

“Kita masih melakukan penelusuran, termasuk melacak keberadaan Pardi,” tandas Kasat.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge