0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ravik: UN Hendaknya Bermateri Tengah-Tengah

Prof Dr Ravik Karsidi (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo – Banyak guru maupun siswa, terutama jenjang SMA sekarang ini bertanya materi yang bakal dipakai Ujian Nasional (UN) mendatang. Apakah mendasarkan materi sesuai kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) ataukah Kurikulum 2013.

“UN mendatang hendaknya bermateri tengah-tengah, tidak berat sebelah,” ujar Guru Besar Pendidikan Universitas Sebelas Maret (UNS) Prof Dr Ravik Karsidi saat bertemu Timlo.net, di Rektorat UNS, Solo, Rabu (30/12).

Tengah-tengah, dalam arti, kata Ravik, tidak hanya mendasarkan pada materi KTSP saja atau Kurikulum 2013 saja, tetapi mengakomodir keduanya. Karena dalam perubahan kurikulum, tidak pernah ganti sama sekali. Tentu ada hal yang sama.

“Pak Menteri kan telah mewacanakan soalnya hanya satu. Kalau soalnya satu, ya kira-kira di tengah-tengah, ada intersection. Ada materi antara KTSP dan Kurikulum 2013,” ungkapnya.

Kalaupun ada perbedaan, kata Ravik yang juga Rektor UNS itu, paling-paling pada metodologi atau aspek lainnya. Seperti kurikulum 2013 pada aspek mental dan sikap dan sebagainya.

Terkait dengan soal seleksi perguruan tinggi, menurut Ravik, darimana soal mendasar, baik KTSP ataukah Kurikulum 2013, bagi perguruan tinggi negeri tidak mempersoalkan. Karena soalnya sudah mengacu pada standar bagaimana memprediksi seseorang bisa sukses di perguruan tinggi ataukah tidak.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge