0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Masyarakat Jangan Terprovokasi Peredaran Terompet Berbahan Sampul Alquran

merdeka.com
Terompet (merdeka.com)

Timlo.net – Umat Islam dihimbau tidak mudah terprovokasi beredarnya penjualan terompet dari bahan sampul Alquran. Masyarakat diminta lebih arif dalam menyikapi hal tersebut.

“Jangan sampai penjual yang tidak tahu menahu ditangkap, yang berakibat merugikan pendapatan menyangkut hidup dia,” ujar Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir, Rabu (30/12).

Haedar yakin kasus ini akan ditangani dengan baik oleh pihak kepolisian. Jika terbukti ada unsur kesengajaan, aparat kepolisian pasti bertindak secara hukum.

Kasus terompet bersampul Alquran bukan penistaan agama. Ada faktor lain yang mungkin terjadi. Salah satunya akibat rendahnya pemahaman masyarakat terhadap nilai-nilai agama.

“Saya yakin harus diperdalam dulu sebabnya apa?, seberapa jauh itu terjadi. Dan kami menduga tidak ada unsur penistaan agama. Tetapi jika akhirnya ditemukan dan sengaja dibikin, ya itu sudah ranah hukum,” ucapnya.

Lebih lanjut Haedar meminta agar umat Islam tetap menjaga kedamaian dengan tidak merespon kasus ini secara berlebihan.

“Umat Islam agar tetap bersikap arif dan tidak perlu menjadikan ini sebagai kasus yang meluas yang justru mengganggu kenyamanan dan sikap jernih kita harus dijaga. Itu sikap kami,” katanya.

Meski begitu Haedar melihat perlunya memberikan pemahaman lebih menyeluruh ihwal simbol keagamaan yang harus dijaga masyarakat.

“Yang tidak kalah pentingnya adalah bagaimana tugas Kemenag dan lembaga keagamaan agar memberi pemahaman mendalam tentang simbol-simbol keagamaan agar digunakan sebagaimana mestinya, dan tidak disalahgunakan,” paparnya.

[noe]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge