0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jokowi Letakkan Kapsul Mimpi di Lapangan Merauke Papua

jokowi-letakkan-7-mimpi-indonesia-2085-dalam-kapsul-waktu
Presiden Jokowi di Papua @Setpres RI ()

Timlo.net — Presiden Joko Widodo (Jokowi) memasukkan rangkuman Mimpi Indonesia 2085 yang terdiri dari tujuh butir yang disimpan dalam Kapsul Mimpi dan akan dibuka tahun 2085.

Presiden Jokowi dalam acara peletakan Kapsul Mimpi di Lapangan Hapsana Sai Merauke, Papua, Rabu (20/12), meminta dua orang pelajar SD untuk membacakan tujuh butir Mimpi Indonesia 2085 itu.

Dua pelajar tersebut adalah Laher Fabiola Ogilin dan Lois Ferdinand Kombombiran. Keduanya merupakan siswa kelas VI SD Hati Kudus Merauke.

Dua pelajar tersebut bergantian membacakan mimpi itu dimulai dari Lois Ferdinan. Mereka membacakannya di atas panggung acara didampingi Presiden Jokowi.

Impian Indonesia 2015-2085 itu adalah:

1. Sumber daya manusia Indonesia yang kecerdasannya mengungguli bangsa-bangsa lain di dunia.

2. Masyarakat Indonesia yang menjunjung tinggi pluralisme, berbudaya, religius dan menjunjung tinggi nilai-nilai etika.

3. Indonesia menjadi pusat pendidikan, teknologi dan peradaban dunia.

4. Masyarakat dan aparatur pemerintah yang bebas dari perilaku korupsi.

5. Terbangunnya infrastruktur yang merata di seluruh Indonesia.

6. Indonesia menjadi negara yang mandiri dan negara yang paling berpengaruh di Asia Pasifik.

7. Indonesia menjadi barometer pertumbuhan ekonomi dunia.

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi mengajak semua pihak untuk mewujudkan mimpi dan harapan anak-anak bangsa dengan penuh keyakinan pasti dapat terwujud.

“Sekarang menjadi tugas kita bersama untuk mewujudkan, bukan menunggu terwujud. Mimpi tidak akan terwujud dengan sendirinya, harus diupayakan dengan segenap keyakinan,” kata Jokowi seperti dikutip Antara.

Presiden yang mengenakan kemeja putih dan topi burung cenderawasih khas Papua menyebutkan Indonesia adalah medan untuk mewujudkan berbagai mimpi tersebut.

“Kita harus tahu impian kita, terutama generasi muda, impian setiap provinsi menjadi pemandu ke mana bangsa ini akan dibangun ke depannya,” kata Jokowi.

Acara ini juga dihadiri Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Menteri PUPR Basuki Hadimoeljono, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, Gubernur Papua Lukas Enembe dan Bupati Merauke terpilih Frederikus Gebze.

Presiden menyebutkan Gerakan 70 Tahun Indonesia Merdeka yang dicanangkan di Sabang dan berakhir di Merauke telah menghimpun berbagai mimpi dan harapan untuk 70 tahun ke depan.

“Impian bisa dicapai dengan kerja keras, integritas, etos kerja, kejujuran sehingga kita dapat bersaing dengan bangsa lain. Kompetisi adalah tantangan. Saya yakin kita mampu wujudkan impian itu,” katanya.

Dia menyatakan, tanah Papua menjadi titik balik untuk melaksanakan cita-cita pendiri bangsa. “Kia harus kenali potensi diri sendiri, potensi untuk mewujudkan kemakmuran bagi semua tanpa kecuali,” katanya.

Sementara itu Gunernur Papua Lukas Enembe atas nama rakyat Papua menyampaikan selamat datang kepada Presiden Jokowi.

“Anak-anak sudah memasukkan di harapan dan keinginannya, Papua adalah bagian dari Indonesia dan sudah menyatakan keinginan dan harapan dalam kapsul waktu itu,” katanya.

Ia berharap mimpi itu segera terwujud termasuk adanya keterhubungan antarkabupaten di Papua sebelum tahun 2085. [bal]

Sumber: merdeka.com

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge