0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jika Ada Terompet Bertuliskan Arab, Kapolres : Laporkan ke Kantor Polisi Terdekat

dok.timlo.net/aditya wijaya
Kapolres Klaten AKBP Langgeng Purnomo (dok.timlo.net/aditya wijaya)

Klaten — Kapolres Klaten AKBP Langgeng Purnomo meminta warga masyarakat yang mengetahui terompet tahun baru bertuliskan huruf Arab melaporkannya kepada kantor polisi terdekat.

“Jika warga menemukan ada penjual atau perajin terompet tersebut, kami harap lapor ke kantor polisi terdekat. Kami juga meminta masyarakat untuk tidak terprovokasi dan menyerahkan masalah tersebut kepada kepolisian,” pinta AKBP Langgeng, Selasa (29/12).

Ditanya mengenai 34 terompet hasil sitaan aparat Polsek Kota Klaten, Senin (28/12) kemarin, dia mengatakan, barang bukti beserta keterangan dari penjual sudah dikantongi. Bahkan, hari ini petugas lainnya juga menyita 18 terompet serupa. Adapun proses selanjutnya akan ditangani Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Klaten.

Sementara itu, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Klaten, Hartoyo, menghimbau petugas betul-betul serius menangani permasalahan tersebut. Selain itu, dia meminta warga muslim Klaten agar tidak reaktif apalagi menempuh cara-cara destruktif dan menyerahkan prosedurnya kepada pihak kepolisian. Namun demikian, Hartoyo menyesalkan temuan itu.

“Asmaul Husna tidak boleh dibuat untuk terompet, itukan Asma (nama) Allah. Di Al Quran nama tersebut juga menjadi bagian. Jadi tidak boleh digunakan untuk tujuan selain beribadah atau pengajaran,” ungkapnya.

Ditambahkan, petugas kepolisian perlu menggali motif dari perajinnya, apakah ada unsur kesengajaan atau tidak ketika membuat terompet tahun baru bertuliskan huruf arab tersebut.

“Kalau memang (perajin) tidak tahu atau lalai, itu beda urusan. Tapi kalau sampai kesengajaan itu bahaya karena ada unsur pelecehan agama. Kalau perlu perajin disumpah dan pernyataannya untuk meminta maaf harus di sebarluaskan jangan sampai ada fitnah dan lain sebagainya,” imbuh Hartoyo.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge