0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tak Ada Peminat, Proyek Jembatan 3 Kali Gagal Lelang

Wonogiri — Proyek pembangunan jembatan di Kecamatan Batuwarno, Wonogiri hingga batas akhir pengerjaan gagal dikerjakan. Pasalnya, proyek bernilai ratusan juta rupiah tersebut sama sekali tidak ada yang berminat.

“Sudah tiga kali kami lelangkan namun tetap saja proyek pengerjaan jembatan itu tidak ada yang minat,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Wonogiri, Sri Kuncoro, Selasa (29/12).

Proyek pembangunan jembatan itu menurutnya, yakni Jembatan Toyo di Desa Kudi, Kecamatan Batuwarno, Wonogiri.

“Tetap tidak ada peminat. Ini kami masih mencari tahu penyebab hal itu, apakah mungkin karena medannya yang sulit atau sebab lain,” jelasnya.

Akibatnya,jembatan penghubung antar desa dan kecamatan itu, belum bisa dikerjakan. Pihaknya menyebut sudah ada anggaran besar yang disiapkan, yakni mencapai Rp 295 juta.

Lantaran 2015 bakal segera berlalu, pihaknya menyebut akan melelangkan kembali proyek pembangunan Jembatan Toyo di 2016. Soal anggaran, diterangkannya, akan disesuaikan dengan indeks yang berlaku tahun depan.

“Tetap kami lelangkan tahun depan. Tentunya dengan indeks yang disesuaikan, misalnya soal kenaikan bahan material. Jadi untuk anggaran ya disesuaikan dengan indeksnya,” terangnya.

Seandainya tetap tidak ada peminat,pihaknya menegaskan tetap melaksanakan proyek tersebut. Namun dengan mekanisme lain, yakni swakelola.

“Nanti DPU sendiri yang mengerjakannya,” tegasnya.

Kepala Bidang Bina Marga DPU, Prihadi Ariyanto mengimbuhkan, hanya satu proyek tersebut yang dinyatakan gagal lelang. Proyek lainnya dikatakan, telah bisa dikerjakan kendati beberapa diantaranya belum 100 persen kelar. Di DPU ada 216 paket pekerjaan pada 2016 ini.

“Masih ada waktu beberapa hari lagi, masih bisa mengerjakan proyek,” imbuhnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge