0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

309 Babinkamtibmas Klaten Dipantau dengan Aplikasi Lapoldes

dok.timlo.net/aditya wijaya
Polres) Klaten melaunching aplikasi Laporan Polisi Desa atau Lapoldes (dok.timlo.net/aditya wijaya)
Klaten — Guna mempermudah komunikasi dan pengawasan jajaran Bintara Pembina Keamanan Ketertiban Masyarakat (Babinkamtibmas), Kepolisian Resor (Polres) Klaten melaunching aplikasi Laporan Polisi Desa atau Lapoldes. Launching secara simbolis dilakukan Kapolres Klaten AKBP Langgeng Purnomo di Joglo Monumen Juang 45 Klaten, Senin (28/12) malam.
“Terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada dua mahasiswa Prodi Teknik Informatika Ilmu Komputer Universitas Widya Dharma (Unwidha) Klaten, Rizki Karya Utami dan Rohmat Winardi yang telah membangun sistem aplikasi Lapoldes ini,” kata AKBP Langgeng.
Dijelaskan, aplikasi Lapoldes diciptakan untuk mempermudah komunikasi dan pengawasan antara Babinkamtibmas, pimpinan dan Satuan Binmas sebagai pengemban fungsi terkait. Cara kerjanya cukup mengirimkan pesan pendek melalui ponsel. Maka seketikan laporannya dapat langsung diterima, ditampilkan dan disimpan pada software atau komputer di Polres yang telah terintegrasi dengan nomor telepon seluruh Babinkamtibmas Polres Klaten.
Di sisi lain, lanjut Kapolres, aplikasi tersebut juga bekerja dua arah. Artinya, ketika Polres Klaten memberikan informasi, maka secara otomatis Ponsel masing-masing Babinkamtibmas akan menerima pesan pendek dari sistem aplikasi tersebut secara serentak atau perorangan.
“Dengan aplikasi ini kita bisa merespon atau menindaklanjuti kejadian maupun permasalahan yang ada dari laporan para Babinkamtibmas dengan cepat,” jelas AKBP Langgeng.
Pada tahun 2016, Polres Klaten bakal menempatkan 309 Babinkamtibmas di desa-desa wilayah Kabupaten Klaten. Kehadiran aplikasi Lapoldes diharapkan sangat membantu untuk menyerap informasi dan memantau segala permasalahan yang ada di setiap wilayah. Selain itu dalam rangka deteksi dini serta penegakan hukum.
“Bisa dibayangkan, bagaimana kami bisa memantau dan mengontrol 309 Babinkamtibmas jika tidak dibantu sistem pelaporan seperti ini. Dengan adanya aplikasi ini laporan dapat dipantau setiap saat,” imbuh Kapolres Klaten.
Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge