0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jim Bob Mundur, Pemerintah Desak Freeport Rombak Direksi

PT Freeport Indonesia (dok.merdeka.com)

Timlo.net – Executive Chairman Freeport McMoran, James R. Moffet atau lebih dikenal Jim Bob dikabarkan mundur dari jabatannya. Menanggapi hal itu, pemerintah Indonesia berharap ‘penyegaran’ dalam susunan direksi perusahaan induk dari PT Freeport Indonesia ini dapat membawa perubahan dalam skema bisnis di Tanah Air.

“Penyegaran Chairman Freeport tentu akan membawa suasana baru termasuk dalam pengelolaan portofolio mereka dan stakeholders di Indonesia. Pemimpin baru selalu membawa suasana dan cara kerja baru,” ujar Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Sudirman Said, Selasa (29/12).

Seperti diketahui, saat ini, pemerintah dan PT Freeport Indonesia tengah melakukan renegosiasi perpanjangan kontrak yang akan habis pada 2021 mendatang. Pembahasan berjalan alot karena Freeport ingin segera mendapatkan kepastian mengingat dana investasi yang digelontorkan tidak sedikit. Namun, pemerintah terganjal aturan yang menyatakan perpanjangan baru bisa dilakukan dua tahun sebelum kontrak berakhir.

Sulitnya mencapai kata sepakat bahkan sampai menimbulkan polemik baru. Di mana belum lama ini terdapat ikut campur pihak ketiga dari pengusaha dan ketua DPR. Kasus ini kita kenal dengan julukan ‘papa minta saham’.

Di luar itu, dewan direksi Freeport McMoran telah menunjuk Gerald J. Ford sebagai Non-Executive Chairman. Sebelum ini, Ford menjabat direktur independen sejak 2013.

Sementara Vice Chairman Richard C. Adkerson lanjut memegang jabatan sebagai Presiden dan Chief Executive Officer Freeport McMoran.

[bim]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge