0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Susun RPJMD, Bappeda Solo Diminta Libatkan Walikota Terpilih

Ketua Komisi II DPRD Solo, YF Sukasno (dok.timlo.net/red)

Solo —  Ketua Komisi II DPRD Solo, YF Sukasno meminta Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) mengundang Walikota terpilih, FX Hadi Rudyatmo dalam penyusunan draft Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2016-2021. Keterlibatan Walikota terpilih dalam penyusunan RPJMD penting mengingat RPJMD merupakan penjabaran visi misi Walikota.

“Bappeda sebagai leading sector penyusunan RPJMD harus mengundang calon kepala daerah terpilih yang sudah ditetapkan KPU untuk membuat draft RPJMD. Draft RPJMD itu mestinya disesuaikan dengan visi misi calon kepala daerah,” kata Sukasno kepada wartawan, Senin (28/12).

Permintaan tersebut disampaikan Sukasno mengingat RPJMD masuk dalam Program Legislasi Daerah (Prolegda) 2016 yang akan dibahas DPRD di masa sidang pertama. Sukasno berharap, sebelum draft RPJMD dibawa ke DPRD, draft RPJMD itu sudah diselaraskan dengan visi misi Walikota terpilih.

“Bappeda segera saja mengundang Walikota terpilih. Agar visi misi Walikota terpilih terakomodir di RPJMD sehingga penyelarasannya dalam penganggaran bisa dilakukan di APBD Perubahan 2016. Dengan demikian, APBD Perubahan 2016 sesuai dengan RPJMD baru,” terang dia.

Keterlibatan Walikota terpilih dalam penyusunan RPJMD, lanjut Sukasno, penting lantaran RPJMD merupakan implementasi visi misi Walikota. RPJMD juga menjadi acuan di kemudian hari saat Walikota menyampaikan pertanggungjawaban di akhir masa jabatan.

“Bappeda paparan saja di depan kepala daerah terpilih. Dari paparan itu akan dilihat mana program-program yang belum masuk. Menurut saya segera saja. Karena sampai sekarang, secara informal saya tanya ke Pak Rudy belum ada undangan dari Bappeda,” tandas Ketua Fraksi PDIP ini.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge